8 Cara Efektif Mengatasi Galbay Pinjol

8 Cara Efektif Mengatasi Galbay Pinjol

cara mengatasi galbay pinjol --foto fortune indonesia

Satu sumber penghasilan menjadi tidak cukup ketika kalian terlilit utang. Jika aset berharga telah terjual dan utang masih ada, mau tidak mau harus bekerja ekstra mencari income tambahan. Kalian bisa mencoba pekerjaan sambilan seperti menjadi afiliator online shop, freelance sesuai keahlian, hingga menambah shift bekerja.

4. Jual Aset

Cara mengatasi galbay pinjol selanjutnya yaitu menginventarisasi aset-aset yang dimiliki. Apakah ada aset yang cukup bernilai dan cukup cair untuk dijual dengan waktu singkat. Jika ada, relakanlah agar utang tidak semakin menjerat. Selain menjual, kalian juga bisa menyewakan aset yang kalian miliki untuk tambahan uang.

5. Prioritaskan Utang

Dahulukan utang berbunga tinggi agar utangmu tidak semakin membengkak. Jika selama ini kalian lengah membayar, ubah kebiasaan burukmu. Bayarlah cicilan tepat waktu agar kalian tidak lagi dikenai denda yang akan semakin memberatkan.

6. Lapor ke Instansi Terkait

Jika kalian mengalami teror penagihan utang yang tidak menyenangkan bahkan sampai melibatkan kekerasan atau pelecehan dan bentuk intimidasi lainnya kalian bisa melapor pada pihak berwenang seperti Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), YLKI, OJK, bahkan kepolisian.

Dalam menagih utang, DC juga dibatasi oleh aturan. OJK melarang penagih utang menggunakan kekerasan. Larangan tersebut diatur dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 6/POJK.07/2022.

BACA JUGA:7 Tips Menghindari Galbay Pinjol Paling Ampuh

7. Mohon Pengurangan Bunga

Kalian bisa mengajukan negosiasi dengan lembaga keuangan tempat kalian meminjam uang. Ajukan negosiasi untuk mengurangi bunga kredit pada pihak pinjol. Pengurangan persentase bunga bisa menurunkan nilai pinjaman dan meringankan beban.

8. Dampak Buruk Galbay Pinjol 

Galbay pinjol atau utang lainnya bisa jadi merugikan diri sendiri di masa depan. Salah satunya bisa masuk daftar hitam di SLIK OJK. Catatan buruk dalam riwayat utang, bisa mengakibatkan skor kredit kalian menurun.

Semakin kalian menunda dan mengabaikan kewajiban pembayaran, bunga dan utang akan semakin menumpuk. Jumlah utang pun akan semakin besar dan sulit dibayar. Kalian akan sulit mengatur ulang rencana-rencana finansialmu di masa depan.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara mengatasi galbay pinjol alias gagal bayar pinjaman online yang dapat kalian lakukan dan terapkan agar terhindar dari DC / debt collector yang mulai bar-bar. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: