Cara Efektif Hindari Skor Kredit Buruk di SLIK OJK

Cara Efektif Hindari Skor Kredit Buruk di SLIK OJK

cara hindari skor kredit buruk di slik ojk --foto gridfame

DISWAY JATENG.ID - Berikut ada beberapa cara hindari skor kredit buruk di SLIK OJK yang dapat dicoba dan dilakukan dengan tepat, langkah ini perlu kalian ketahui agar aktivitas kalian di layanan keuangan berjalan dengan baik. 

Ketika kalian melakukan cara hindari skor kredit buruk di SLIK OJK ini maka kalian memiliki peluang besar untuk mendapatkan dana pinjaman disuatu platform. 

SLIK OJK merupakan catatan riwayat kredit individu atau perusahaan yang berisi informasi mengenai sejarah pembayaran utang, skor kredit yang baik dalam SLIK sangat penting, sebab akan mempengaruhi kemudahan dalam mengakses diberbagai produk keuangan, seperti kredit, kartu krediit, bahkan pembiayaan rumah dan lainnya. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara hindari skor kredit buruk di SLIK OJK ini. 

Lantas, bagaimana cara hindari skor kredit buruk di SLIK OJK? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:6 Cara Menghindari Skor Kredit Buruk di SLIK OJK

Seperti diketahui, status kolektibilitas dalam dunia perbankan diklasifikasikan oleh bank sentral menjadi lima status atau lima kol (kolek) dari yang tertinggi hingga yang terendah yakni Kol-1 (LANCAR), Kol-2 (DALAM PERHATIAN KHUSUS), Kol-3 (KURANG LANCAR), Kol-4 (DIRAGUKAN), dan Kol-5 (MACET).

Adapun status Kol-1 sampai dengan Kol-2 tergolong Performing Loan (PL) sedangkan Kol-3 s/d Kol-5 tergolong Non-Performing Loan (NPL).

Akan ada konsekuensi bagi seseorang yang status KOL-nya sudah melewati KOL-3. Orang yang bersangkutan tentu akan terus ditagih utang baik dari internal kolektor atau pihak ketiga, mereka pun sulit mengajukan permintaan kredit, dan tidak menutup kemungkinan juga akan sulit mendapat pekerjaan.

Demi menghindari hal tersebut, tentunya seseorang harus membayar cicilan utang dan melunasinya secara tepat waktu. Bila kalian memiliki utang, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar ke depannya bisa memiliki riwayat kredit yang baik.

Cara Hindari Skor Kredt Buruk di SLIK OJK 

BACA JUGA:Cara Memperbaiki Skor Kredit SLIK yang Buruk

1. Semakin Kecil Semakin Baik

Menyikapi rasio-rasio yang berkaitan dengan utang, ketahuilah bahwa semakin kecil nilai rasio tersebut maka makin sehat keuangan kalian. Atau, kalian juga bisa membuat target di masa depan untuk membuat nilai rasio jadi nol.

Cara hindari skor kredit buruk di SLIK OJK dengan melakukan pengecekan kesehatan keuangan secara rutin untuk mengevaluasi jumlah utangnya. Dan perbaikilah keuangan kita secara perlahan sambil mengurangi kebiasaan buruk kita dalam konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: