Berapa Lama Agar SLIK OJK Bersih Setelah Pelunasan? Begini Penjelasannya

Berapa Lama Agar SLIK OJK Bersih Setelah Pelunasan? Begini Penjelasannya

berapa lama agar slik ojk bersih setelah pelunasan--foto antaranews.com

1. Membuat Surat Klarifikasi

Pada dasarnya, debitur akan memperoleh Surat Keterangan Lunas (SKL) setelah melunasi pinjaman. Dokumen ini dapat dijadikan bukti sah untuk diberikan kepada OJK sebagai bentuk pernyataan bahwa kewajiban membayar kredit telah dipenuhi.

BACA JUGA:Cek Segera, Berapa Lama BI Checking Bersih Setelah Pelunasan? Simak Penjelasan Lengkap Berikut Ini

2. Mengecek Skor SLIK OJK 

Setelah melunasi pinjaman, kalian dapat mengecek kembali apakah ada perubahan skor kredit. Silahkan tunggu dalam kurun waktu tertentu sebelum memohon bantuan pada bank terkait.

3. Melunasi Pinjaman

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa satu-satunya cara untuk membersihkan skor SLIK OJK atau BI checking yaitu melunasi tunggakan. Terlepas dari durasi keterlambatan, debitur tetap harus membayar tunggakan cicilannya.

Apa Itu Skor SLIK OJK? 

Perlu digaris bawahi bahwa BI checking kini sudah digantikan dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Meski begitu, cara kerja SLIK sama dengan BI checking yaitu mencatat riwayat kredit nasabah di Indonesia. 

Dalam implementasinya, terdapat pembagian skor yang mengindikasikan performa debitur yaitu dari skor 1-5. Berikut penjelasan masing-masing skor:

BACA JUGA:Berapa Lama agar SLIK OJK Menjadi Bersih Setelah Pelunasan Utang? Simak Penjelasanya

  • Skor 1 mengindikasikan kredit lancar di mana nasabah membayar cicilan dan bunganya secara tepat waktu tanpa ada tunggakan sama sekali.
  • Skor 2 termasuk ke Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK) di mana debitur telat membayar pinjaman dalam kurun waktu 1 hingga 90 hari.
  • Skor 3 termasuk ke dalam Kredit Tidak Lancar karena adanya tunggakan cicilan dalam kurun waktu 91 hingga 121 hari.
  • Skor 4 masuk dalam status Kredit Diragukan karena keterlambatan pembayaran cicilan dalam kurun waktu 121 hingga 180 hari.
  • Skor 5 berarti Kredit Macet di mana debitur tidak membayar cicilan atau menunggak selama lebih dari 180 hari.

Pada dasarnya, hanya debitur dengan skor 1 dan 2 yang akan dipertimbangkan untuk menerima kredit dari bank. Adapun debitur dengan skor 3, 4, dan 5 akan kesulitan dalam proses pengajuannya karena berisiko menimbulkan kerugian bagi bank. 

Itulah beberapa informasi seputar pertanyaan mengenai berapa lama agar SLIK OJK bersih setalah pelunasan beserta cara pemutihan SLIK OJK dan skornya yang perlu kalian ketahui dan lakukan. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: