4 Cara Melindungi Kontak Hp dari Pinjol Ilegal

4 Cara Melindungi Kontak Hp dari Pinjol Ilegal

4 Cara Efektif Melindungi Kontak di Hp dari Pinjol Ilegal-Tangkapan layar diswayjateng.id-

3. Verifikasi Keberadaan Fintech Tersebut

Aspek penting lainnya adalah memastikan keberlangsungan fintech yang kamu pilih. Ada kemungkinan terjadinya masalah seperti kekurangan dana atau pengelolaan yang buruk.

Kamu perlu teliti dalam memilih perusahaan fintech pinjaman online. Salah satu cara adalah dengan membaca berbagai ulasan dari nasabah lain.

Umumnya, situs resmi fintech akan menjelaskan dengan jelas visi, misi, serta kondisi keuangan dan tantangan yang dihadapi.

4. Hindari Memberikan Akses ke Aplikasi

Salah satu cara paling efektif untuk melindungi data kontak dari aplikasi pinjaman online adalah dengan tidak memberikan izin akses terhadap kontak dan informasi lainnya. Saat menginstal aplikasi, sistem dapat meminta akses ke beberapa informasi di ponsel.

Apabila kamu memberikan izin kepada aplikasi, sistem akan dapat mengakses data kontak yang ada di ponselmu. Data tersebut dapat dianggap oleh penyedia pinjaman online sebagai kontak darurat yang dapat dihubungi jika terjadi masalah terkait pembayaran.

Umumnya, informasi yang diambil oleh aplikasi pinjaman online mencakup daftar nomor kontak, alamat email, lokasi, atau akun media sosial. Setiap data kontak yang tersimpan di ponsel dapat diakses dan dibaca oleh aplikasi pinjaman.

Jika kamu sudah memberikan izin akses, kemungkinan besar kontak yang ada di ponselmu telah diambil oleh pihak pinjaman online dan disimpan di server mereka. Dalam hal ini, kamu tidak dapat melakukan tindakan apapun.

Namun, kamu masih bisa melindungi kontak-kontak baru di ponselmu dengan menonaktifkan izin akses. Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan di ponsel, kemudian pilih opsi aplikasi dan cari aplikasi pinjaman online yang terinstal.

Di bagian izin aplikasi, kamu dapat menonaktifkan izin-izin seperti kamera, kalender, kontak, penyimpanan, dan lokasi.

BACA JUGA:Risiko Gagal Bayar Pinjol Ilegal dan Cara Mengatasinya

Itulah 4 cara efektif melindungi kontak di Hp dari pinjaman onlne ilegal. Jika kamu mengalami kesulitan dalam membayar pinjaman, sebaiknya hubungi pusat layanan dari fintech tersebut. Fintech yang resmi biasanya akan memberikan solusi agar kamu dapat menyelesaikan utang tanpa masalah. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: