6 Penyebab KPR Ditolak yang Sering Terjadi

6 Penyebab KPR Ditolak yang Sering Terjadi

penyebab kpr ditolak--

DISWAY JATENG.ID – Terdapat banyak penyebab KPR ditolak yang perlu anda ketahui sebelum melakukan pengajuan, apa sajakah itu? simak uraiannya dibawah ini.

Mendapatkan rumah idaman melalui KPR adalah impian banyak orang, namun tidak semua pengajuan disetujui. Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab KPR ditolak.

Oleh sebab itu anda perlu memahami tentang penyebab KPR ditolak untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik serta meningkatkan peluang pengajuan KPR Anda diterima.

Berikut ini akan kami beritahu tentang apa saja yang menjadi penyebab KPR ditolak, simak terus uraiannya dibawah ini.

BACA JUGA:6 Tips Lolos Pinjaman KPR dengan Mudah

Penyebab KPR Ditolak

1. Dokumen Tidak Lengkap atau Tidak Valid

Dokumen Persyaratan: penyebab KPR ditolak yang utama yaitu dokumen yang tidak lengkap atau valid, pastikan semua dokumen persyaratan yang diminta bank, seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan surat keterangan kerja, sudah lengkap dan dalam kondisi baik.

Dokumen Properti: Dokumen terkait properti yang akan dibeli, seperti sertifikat tanah dan IMB, juga harus lengkap dan sesuai dengan persyaratan bank.

2. Riwayat Kredit yang Buruk

Tunggakan Pembayaran: Penyebab KPR ditolak dapat dikarenakan riwayat kredit yang buruk, seperti adanya tunggakan pembayaran kartu kredit atau pinjaman lainnya, akan membuat bank ragu untuk memberikan pinjaman.

NPL (Non-Performing Loan): Jika Anda pernah memiliki kredit macet, hal ini akan sangat memengaruhi penilaian kredit Anda.

3. Kemampuan Angsuran Tidak Memadai

Debt to Income Ratio (DTI): Rasio utang terhadap pendapatan Anda harus berada di bawah batas yang ditetapkan oleh bank. Jika DTI terlalu tinggi, bank akan menilai bahwa Anda tidak mampu menanggung beban cicilan KPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: