8 Tips Lepas dari Jeratan Utang Pinjaman Online

8 Tips Lepas dari Jeratan Utang Pinjaman Online

cara lepas dari jeratan utang pinjol --foto kini blog

DISWAY JATENG.ID - Trik lepas dari jeratan utang pinjol alias pinjaman online dapat dilakukan dengan mudah, asalkan mengikuti beberapa langkah dengan baik dan benar. Sebelum mengetahuinya harus mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya. 

Kini pinjaman online menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan dana dengan cepat dalam keadaan mendesak. Namun dibalik kemudahannya ada risiko yang jarang diketahui oleh banyak orang. Salah satunya jika terjadi galbay atau macet bayar. Untuk itu, ketahui trik lepas dari jeratan utang pinjaman online. 

Salah satu faktornya yaitu kurangnya literasi keuangan pada masyarakat. Kemudahan akses yang diberikan oleh pinjol alias pinjaman online membuat seseorang lebih memilih untuk menutup utang pinjaman online dengan meminjam uang di pinjol lain. Hal ini bukan solusi atau trik lepas dari jeratan utang pinjol tersebut. 

Lantas, bagaimana trik lepas dari jeratan utang pinjol atau pinjaman online? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Cara Keluar dari Jeratan Utang Pinjol Supaya Tagihan Cepat Dilunasi

Trik Lepas dari Jeratan Utang Pinjaman Online 

1. Cek Status Perusahaan Pinjaman Online 

Cek status perusahaan pinjaman online yang kalian gunakan. Apakah legal atau tidak? Jika legal, utang dari perusahaan pinjaman online tersebut harus kalian lunasi. Hal itu akan berdampak pada catatan kalian di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIk) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Catatan kalian bakal menjadi jelek dan tentunya menjadi incaran oleh pihak debt collector.

Namun, ketika ternyata perusahaan pinjaman online tersebut ilegal, kalian dapat terbebas dari utang pinjam tanpa membayar sepeserpun.

2. Jangan Meminjam Lagi

Trik lepas dari jeratan utang pinjol berikutnya yaitu hindari meminjam yang baru. Biasanya, mengambil pinjaman tambahan hanya akan memperburuk situasi. Karena itu, kalian harus berusaha untuk menghindari mencari utang baru. Upayakan membayar cicilan pinjaman online sesuai kemampuan kalian tanpa harus mencari utang baru.

3. Hubungi Perusahaan Pinjaman Online

Jika membayar cicilan pinjaman online menjadi terasa berat, sebaiknya berkomunikasi dengan perusahaan pinjaman online tersebut.

Tidak sedikit perusahaan pinjaman online yang bersedia bekerja sama untuk menemukan solusi yang sesuai dengan situasi keuangan kalian. Di antaranya, restrukturisasi pinjaman, penundaan pembayaran, atau pembayaran secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: