Ciri-Ciri Hp Dihack dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Hp Dihack dan Cara Mengatasinya

Ketahui Ciri-Ciri HP Di Hack Dan Cara Mengatasinya-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Untuk memeriksa apakah telepon Anda disadap, tekan kode USSD *#21# pada panggilan telepon. Setelah itu, Anda akan melihat apakah panggilan dan SMS Anda sedang dialihkan. Jika pengalihan aktif, kemungkinan besar telepon Anda sedang disadap.

Untuk menonaktifkan pengalihan panggilan, tekan kode USSD ##02#. Setelah dinonaktifkan, segera ubah kata sandi Anda atau hubungi penyedia layanan seluler Anda.

2. Ubah Semua Kata Sandi  

Langkah paling efektif untuk mengatasi HP yang diretas adalah dengan keluar dari semua akun dan mengganti kata sandi untuk akun email, aplikasi chat, media sosial, dan game Anda. Jika Anda menggunakan aplikasi perbankan, segera ubah kata sandi dan PIN Anda.

Selain itu, jika Anda menyimpan informasi kartu kredit di situs e-commerce, segera hapus data tersebut dan ganti kata sandi Anda. Hal yang perlu diingat adalah untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama dengan yang sebelumnya.

Hindari penggunaan nama pribadi atau tanggal lahir sebagai kata sandi. Sebaiknya, kombinasikan kata sandi dengan angka, huruf besar dan kecil, serta karakter khusus.

3. Lakukan Reset Pabrik  

Setelah mencoba berbagai cara, langkah terakhir untuk mengatasi ponsel yang diretas adalah melakukan reset pabrik. Fitur ini akan menghapus seluruh data, aplikasi, dan pengaturan di ponsel Anda, termasuk aplikasi yang mungkin telah diinstal oleh hacker. Prosedur hard reset dapat bervariasi tergantung merek ponsel, namun Anda dapat menemukan fitur ini di menu Pengaturan.

BACA JUGA:10 Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah dan Selfie KTP

4. Matikan Koneksi HP ke Laptop  

Apabila Anda sering menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghubungkan ponsel ke laptop, segera matikan koneksi tersebut jika ponsel Anda terindikasi telah diretas.

Hal ini bertujuan untuk mencegah hacker mengakses perangkat lain yang terhubung melalui aplikasi di ponsel Anda. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang sering menjadi target hacker. Pastikan untuk segera keluar dari WhatsApp Web setelah menggunakan laptop atau PC publik.

Itulah beberapa ciri-ciri Hp di hack dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap keamanan data di Smartphone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: