6 Cara Mudah Memperbaiki Skor Kredit yang Buruk

6 Cara Mudah Memperbaiki Skor Kredit yang Buruk

cara mudah memperbaiki skor kredit yang buruk --foto youtobe

DISWAY JATENG.ID - Cara memperbaiki skor kredit yang buruk merupakan suatu hal yang sulit dilakukan oleh semua orang, namun walaupun begitu hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan akses dalam hal kredit atau pinjaman. 

Pinjol alias pinjaman online telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang membutuhkan dana cepat. Namun, seringkali penggunaan pinjol yang tidak bijak bisa berdampak buruk pada skor kredit seseorang. Untuk itu, perlu ketahui cara memperbaiki skor kredit yang buruk ini. 

Pasalnya banyak keuntungan yang didapatkan jika kalian memahami cara memperbaiki skor kredit yang buruk, perlu diketahui juga bahwa terdapat banyak penyebab yang menjadikan kalian memiliki riwayat kredit yang jelek. 

Lantas, bagaimana cara memperbaiki skor kredit yang buruk? Dibawah ini ada beberapa langkah efektif yang dapat kalian coba dan lakukan untuk membersihkan riwayat kredit. 

BACA JUGA:Cara Memperbaiki Skor Kredit yang Buruk

Cara Memperbaiki Skor Kredit yang Buruk 

1. Konfirmasi Pembayaran 

Setelah kalian melakukan pembayaran, pastikan untuk mengonfirmasi pembayaran kepada penyedia pinjol. Pastikan bahwa pembayaran kalian telah dicatat dengan benar dan bahwa tidak ada kesalahan atau keterlambatan yang terjadi.

2. Ajukan Pinjaman atau Kredit yang Diotorisasi

Pinjamlah hanya dari institusi keuangan yang diotorisasi dan terdaftar oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Hindari meminjam dari pinjol ilegal atau yang tidak memiliki izin resmi, karena hal ini bisa merugikan kalian secara finansial dan mempengaruhi skor kredit kalian. Pastikan juga untuk memilih pinjaman dengan suku bunga dan biaya yang terjangkau.

3. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Cara memperbaiki skor kredit yang buruk selanjutnya yaitu dengan membayar tagihan tepat waktu merupakan faktor kunci dalam menentukan skor kredit kalian. Pastikan untuk membayar tagihan dengan tepat waktu atau bahkan sebelum jatuh tempo. Ini akan membantu meningkatkan skor kredit kalian seiring waktu.

BACA JUGA:6 Tips untuk Meningkatkan Skor Kredit Pinjaman Online

4. Pantau Skor Kredit OJK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: