Perumdam Tirta Bahari Kota Tegal Siapkan Program Pompa Dorong

Perumdam Tirta Bahari Kota Tegal Siapkan Program Pompa Dorong

SOSIALISASI - Perumdam Tirta Bahari mengadakan sosialisasi.Foto:K Anam S/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Bahari Kota Tegal menyiapkan Program Pompa Dorong untuk memaksimalkan pelayanan air bersih di wilayah Kecamatan Tegal Timur, terutama di daerah titik terendah atau ujung pipa. Program Pompa Dorong direncanakan dapat direalisasikan secara teknis September mendatang.

Program tersebut disampaikan Direktur Utama Perumdam Tirta Bahari Hasan Suhandi dalam Sosialisasi Pemakaiaan Air Bersih untuk Pencegahan Stunting dan Pembayaran Online di Pendapa Kecamatan Tegal Timur. Sosialisasi dihadiri Kepala Bagian Hubungan Pelanggan Heri Nurdin, Kepala Sub Bagian Humas Endi Widjo, Camat Tegal Timur Toat Hartono, dan masyarakat pelanggan. 

BACA JUGA:Gembleng Satgas Penanggulangan Bencana

“Program Pompa Dorong bulan ini sedang berproses. Teknisnya September,” kata Hasan menanggapi penyampaian masyarakat pelanggan yang beralamat di Perumahan Pondok Martoloyo, Wiwoho. Dalam sosialisasi tersebut, Wiwoho menyampaikan air mengalir di kediamannya pada jam-jam minimum pemakaian, yaitu di malam hari.

Hasan menjelaskan, pelayanan air di Kota Tegal berasal dari tiga sumber mata air. Yaitu Bumijawa, Spam Kaligiri, dan Spam Banyumudal. Perumahan Pondok Martoloyo termasuk berada di titik terendah atau ujung pipa di wilayah pelayanan Kecamatan Tegal Timur. Pompa Dorong berfungsi menambah tekanan, sehingga air dapat terdistribusikan merata saat jam maksimum pemakaian. 

BACA JUGA:Berangkatkan Ekspor Perdana Produk Furniture ke Korea Selatan

“Insya Allah kendala yang dialami masyarakat pelanggan di wilayah ujung pipa bisa teratasi,” ungkap Hasan.

Sosialisasi Pemakaiaan Air Bersih untuk Pencegahan Stunting diadakan untuk memberikan edukasi akan pentingnya pemakaian air bersih dalam mencegah stunting. Masyarakat pelanggan diimbau memaksimalkan pemakaian air bersih sepuluh kubik per bulan. Tidak hanya untuk minum dan memasak, namun juga mandi dan mencuci.

Sementara Pembayaran Online disosialisasikan karena masih banyak masyarakat pelanggan, terutama yang lanjut usia melakukan pembayaran ke kantor. Padahal, Perumdam Air Tirta Bahari menyediakan kanal PPOB antara lain Bank Jateng, Kantor Pos, Dana, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Indomaret, Alfamart, Teleanjar, Link Aja, Gojek, Maybank, Briva, DJI dan Magna Karsa Mulya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: