6 Risiko Galbay Pinjol yang Sering Terjadi

6 Risiko Galbay Pinjol yang Sering Terjadi

risiko galbay pinjol --

DISWAY JATENG.ID - Perlu diketahui bahwa banyak risiko galbay pinjol yang akan menghampiri anda, hal ini tentunya wajib anda ketahui supaya dapat menghindari hal tersebut terjadi.

Risiko galbay pinjol ini cukup banyak sekali, bahkan bisa saja menyerang ke dampak psikologis. Anda juga bisa saja diteror oleh petugas penagih hutang atau debt collector.

Namun dengan anda mengetahui risiko galbay pinjol dari awal, anda dapat meminimalisir hal ini terjadi.

Nah berikut ini akan kami beritahu berbagai risiko galbay pinjol yang perlu anda ketahui, yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:Galbay Pinjol? Pahami 5 Hal Ini Sebelum DC Lapangan Datang ke Rumah

Risiko Galbay Pinjol :

1. Terdaftar dalam Daftar Hitam OJK

Salah satu risiko galbay pinjol paling nyata dari menunggak pinjaman online adalah terdaftar dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. SLIK merupakan database yang berisi informasi mengenai debitur, termasuk riwayat pembayaran kreditnya. Jika Anda masuk dalam daftar hitam SLIK, maka akan sulit bagi Anda untuk mengajukan pinjaman di lembaga keuangan lainnya. Hal ini dikarenakan lembaga keuangan akan melihat riwayat kredit Anda sebagai risiko yang tinggi.

2. Denda dan Bunga yang Membengkak

Setiap pinjaman pasti memiliki bunga yang harus dibayar. Jika Anda terlambat membayar, maka akan dikenakan denda keterlambatan. Denda dan bunga ini akan terus bertambah setiap harinya, sehingga total utang Anda akan semakin membengkak. Jika tidak segera dilunasi, beban utang ini bisa menjadi sangat besar dan sulit untuk diatasi.

3. Tekanan dari Debt Collector

Untuk menagih tunggakan, pihak penyedia pinjaman online biasanya akan melibatkan debt collector. Debt collector akan menghubungi Anda secara terus-menerus, baik melalui telepon, pesan singkat, maupun kunjungan langsung. Tekanan dari debt collector ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda dan bahkan menyebabkan stres.

4. Kerusakan Reputasi

Tunggakan pinjaman online dapat merusak reputasi finansial Anda. Informasi mengenai tunggakan Anda dapat tersebar dan diketahui oleh orang-orang di sekitar Anda. Hal ini dapat mempengaruhi hubungan sosial dan bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: