Ponpes Al-Amin Tarub Kabupaten Tegal Adakan GABS

Ponpes Al-Amin Tarub Kabupaten Tegal Adakan GABS

GABS - Sejumlah santri Ponpes Al Amin Bulakwaru Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal mengikuti kegiatan GABS yang digelar Dinkes Kabupaten Tegal dan Puskesmas Tarub.Foto:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Gerakan Aksi Bergizi Serentak (GABS) tidak hanya dilaksanakan di sejumlah sekolah negeri maupun swasta, tapi juga dilaksanakan di pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Tegal. Salah satunya yakni, Ponpes Al Amin Bulakwaru, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal.

Di ponpes ini, GABS diikuti 127 santri dan santriwati. Salah satu kegiatan GABS yakni pemberian edukasi tentang meraih hidup sehat dengan gizi seimbang dari Annisa Reny Ocktora SGz selaku petugas kesehatan dari Puskesmas Tarub.

BACA JUGA:APH Diminta Selidiki Kematian Dokter RSUD Kardinah Kota Tegal

Menurut Kepala Puskesmas Tarub dr Yessi Kamalinda Prabawati, gerakan aksi bergizi ini tujuannya untuk meningkatkan kesadaran siswa-siswi dalam membiasakan aktivitas fisik, makan-makanan dengan menu gizi seimbang, konsumsi tablet tambah darah, dan edukasi kesehatan terkait gizi remaja.

Dia menyebut, GABS ini di laksanakan secara serentak se-Indonesia di tiap sekolah maupun ponpes. Kegiatan dimulai sejak 12 Agustus hingga 12 September 2024. 

"Jadi GABS ini tidak hanya dilaksanakan di sekolah negeri, tapi juga di pondok pesantren," ujarnya.

BACA JUGA:KUA dan PPAS APBD 2025 Disepakati Pemprov dan DPRD Jateng, Pendapatan Daerah Diproyeksikan Capai Rp23,55 Trili

Ketua Tim Kerja Kesehatan Anak dan Remaja Dinkes Kabupaten Tegal, Yuda Ayu Trimorini SST MKes menambahkan, konsumsi tablet tambah darah bagi remaja putri sangatlah penting. 

Selain itu, mereka juga harus mendapat edukasi gizi supaya terbebas dari anemia dan masalah kesehatan remaja lainnya.

"Empat dari sepuluh siswi di Kabupaten Tegal mengalami anemia, jika kegiatan ini rutin dilaksanakan, angka anemia di Kabupaten Tegal dapat diatasi dengan baik," cetusnya.

Dia menyatakan, selain untuk menuju ponpes sehat, kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Remaja Internasional yang jatuh pada 12 Agustus 2024.

BACA JUGA:Calon Pimpinan KPK dan Tantangan 79 Tahun Indonesia Merdeka

"Termasuk juga untuk mengimplementasikan program Kemenkes yakni melaksanakan GABS tahun 2024 di seluruh Indonesia," sambungnya.

Sementara, Pengasuh Pondok Pesantren Al Amin Tarub Drs KH Choirul Amin Fadhil MSI mengucapkan terima kasih kepada jajaran Dinkes dan Puskesmas Tarub yang telah memberikan pengetahuan tentang gizi dan turut mendampingi kegiatan GABS tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: