Dinas Sosial Kabupaten Tegal Rakor Program Bantuan Sembako

Dinas Sosial Kabupaten Tegal Rakor Program Bantuan Sembako

SINERGI - Rakor program bantuan sembako diinisiasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Tegal.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Bertempat di aula kantor setempat, Dinas Sosial Kabupaten Tegal menggelar rapat koordinasi (rakor) program sembako  tahun 2024. Rakor kali ini turut  dihadiri Bappeda dan Litbang, Dinas Dukcapil, perbankan, PT Pos Indionesia dan jua para camat , TKSK Korkab dan Korcam PKH.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui Kabid Linjamsos dan Kebencanaan Muhammad Agus Fauzan menyatakan bahwa kemiskinan merupakan  masalah kompleks yang dihadapi oleh berbagai negara di dunia. Hal ini mempengaruhi kualitas hidup manusia. 

BACA JUGA:Kuatkan Ideologi Pancasila, BPIP Rangkul Pemkab Klaten dan Undip

Pemerintah berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut melalui berbagai cara dan model. Dari aspek ekonomi dan kesejahteraan sosial, berbagai macam bantuan sosial kebutuhan dasar sudah digulirkan guna menggeliatkan ekonomi di tingkat desa.

"Sekaligus menghambat tumbuhnya kemiskinan ekstrem," ujarnya, Senin (12/8/2024).

BACA JUGA:Meriah, Peringatan HUT RI Warga Arum Indah Kota Tegal

Menurutnya, program penanggulangan kemiskinan adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dunia  usaha serta masyarakat. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil serta program lain dalam rangka meningkatkan kegiatan ekonomi.

Berkaitan dengan hal tersebut, tentunya ada kebijakan dan strategi baru dari pemerintah pusat dalam pelaksanaannya dan saat ini perlu adanya rapat koordinasi.

BACA JUGA:Desa Kertayasa Kabupaten Tegal Adakan Lomba Keindahan Gapura

"Guna menyamakan gerak dan langkah dalam menyukseskan program dari pemerintah pusat yang dialokasikan di Kabupaten Tegal," cetusnya.

Rakor ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan sinergitas para pemangku kepentingan, terkait pelaksanaan program sembako di Kabupaten Tegal. Tujuannya, untuk meningkatkan pemahaman  terhadap pedoman pelaksanaan program sembako sesuai dengan arah kebijakan dan ketetuan peraturan yang berlaku.  

BACA JUGA:SMP Negeri 10 Kota Tegal Luncurkan Bank Sampah

"Diharapkan, terlaksananya kegiatan penyaluran bantuan sosial sembako oleh pihak-pihak terkait dalam wilayah Kabupaten Tegal," ungkapnya.

Pihaknya berharap, dari rakor ini nanrtinya mampu meningkatkan sinergitas dan kesamaan persepsi dalam rangka pelaksanaan proram sembako di Kabupaten Tegal. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: