SMP Negeri 2 Balapulang Kabupaten Tegal Adakan Gelar Karya P5

SMP Negeri 2 Balapulang Kabupaten Tegal Adakan Gelar Karya P5

MEMUKAU - Gelar Karya P5 keluarga besar SMP Negeri 2 Balapulang memukau.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI -  Berdasarkan pedoman Kemendikbudristek Nomor 56 tahun 2022. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah sebuah kegiatan kokurikuler yang berfokus pada pendekatan proyek. Untuk memperkuat upaya dalam mencapai kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila yang didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Mengacu pada hal tersebut, SMP Negeri 2 Balapulang menggelar proyek P5 Bhineka Tunggal Ika. 

Kepala SMP Negeri 2 Balapulang, Edi Rusmiayi SPd Mat menyatakan  bahwa  Kemendikbud telah menetapkan 7 tema untuk modul P5, salah satunya Bhineka Tunggal Ika. 

BACA JUGA:Pemkab Pemalang segera Bentuk Satgas Tawuran

"Ini  merupakan semboyan negara Republik Indonesia yang artinya 'berbeda beda tetapi tetap satu jua," ujarnya.

Melalui proyek P5,siswa akan diajarkan untuk meningkatkan rasa toleransi tinggi terhadap keberagaman serta nilai nilai kebaikan universal yang dianutnya. Kegiatan P5 dirancang untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa terhadap budaya dan nilai-nilai luhur. Baik yang dianut oleh masyarakat sekitar.

Adapun rangkaian kegiatan untuk klas VII membuat topi dan kalung dengan memanfaatkan barang bekas. Kelas VIII membuat batik ciprat  dan klas IX membuat baju carnival dengan memanfaatkan barang bekas. Selama 6 hari, siswa-siswi melaksanakan kegiatan tersebut. Mulai dari menyediakan alat dan bahan, praktik pembuatan dan finishing.

BACA JUGA:Satpol PP Kabupaten Tegal Bersama Tim Gabungan Jaga Ketat Demo Sengketa Pilkada

“Semua siswa-siswi terlibat aktif dalam kegiatan tersebut," ungkapnya.

Kegiatan tersebut ditulis di LKPD, divideo dan hasilnya diunggah di link. Puncak kegiatan tersebut diadakan gelar karya fashion show. Merupakan rangkaian puncak dari kegiatan P5. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan apresiasi dan kreatifitas siswa. 

“Melalui kegiatan ini, siswa-siswi dapat mengembangkan dan menyalurkan bakatnya," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: