Polres Tegal Sinergi Jaga Keamanan lewat Cacaban

Polres Tegal Sinergi Jaga Keamanan lewat Cacaban

SINERGI - Kapolres Tegal di giat perdana Cacaban menghampiri jemaah Masjid Nurul Ittihaad.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Jajaran  Polres Tegal terus berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat melalui kegiatan Berbagi Cerita Bakda Jumatan (Cacaban). Program ini bertujuan menggali kekhasan, budaya, tradisi, sejarah serta kearifan lokal di Kabupaten Tegal. Sekaligus mengajak masyarakat untuk aktif dalam memberikan informasi terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

Kegiatan Cacaban perdana kali ini dilaksanakan di Masjid Nurul Ittihaad, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Tegal,AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah SH SIK MM MSi.Didampingi oleh Pejabat Utama (PJU) Polres Tegal, kapolsek serta Forkopincam Adiwerna. Turut hadir juga tokoh agama, masyarakat dan pemuda setempat, serta jamaah Salat Jumat Masjid Nurul Ittihaad.

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Adakan Rakor Penetapan Ketua Karang Taruna

" Kegiatan bertujuan untuk membuka ruang dialog dengan masyarakat. Kami ingin menerima masukan, kritik, saran serta informasi mengenai permasalahan yang sedang terjadi di lingkungan kerja atau tempat tinggal masing-masing," ujar kapolres.

Andi juga mengimbau kepada jamaah Salat Jumat untuk lebih waspada menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Jangan mudah terprovokasi dengan isu dan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Mari tingkatkan keamanan lingkungan dengan mengaktifkan siskamling dan memperbanyak ronda di lingkungan RT/RW.

BACA JUGA:Sambut Siswa Baru, SDIT Usamah Kota Tegal Adakan Open Days

Dia  juga  menekankan pentingnya sinergi antara masyarakat dan aparat dalam menjaga keamanan, terutama menjelang, saat pelaksanaan, dan pascaPilkada 2024. Andi  mengajak jamaah untuk mendukung langkah-langkah Polres Tegal dalam memerangi penyakit masyarakat, seperti judi online, narkoba, premanisme, miras, serta penggunaan knalpot brong yang meresahkan.

Dalam kesempatan yang sama, masyarakat Adiwerna juga menyampaikan keluhan terkait beberapa titik rawan premanisme dan kasus pecah kaca kendaraan yang kerap terjadi di wilayah mereka. Kapolres Tegal berjanji akan segera menindaklanjuti keluhan tersebut untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat terjamin. 

BACA JUGA:Disdikbud Kota Tegal: 2024 Tahun Terakhir Ukur Capaian Rencana Strategis

"Kegiatan ini diharapkan dapat terus menjadi jembatan komunikasi yang efektif antara Polres Tegal dan masyarakat. Serta mendorong partisipasi aktif warga dalam menjaga keamanan lingkungan," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: