Pemkab Tegal Gaungkan Sinau, untuk Apa?

Pemkab Tegal Gaungkan Sinau, untuk Apa?

BIMTEK - Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal Nurhayati saat membuka bimtek di Gedung PMI.Foto:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Upaya memajukan pengelolaan pengetahuan di lingkungan Pemkab  Tegal, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tegal. Menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) Internet Cerdas Kreatif Produktif (Incakap) dengan tema Manajemen Pengetahuan dengan aplikasi Sistem Manajemen Pengetahuan (Sinau). Bimtek dipusatkan di gedung PMI.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal Nurhayati mengatakan, pengetahuan yang dimiliki oleh pegawai telah lama diakui sebagai aset vital yang tidak kalah penting dari aset fisik seperti barang dan data. Tantangan yang sering dihadapi organisasi adalah hilangnya pengetahuan ketika pegawai mengalami mutasi, promosi atau memasuki masa purna tugas.

BACA JUGA:Adakan Rakor Penanggulangan Kemiskinan di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal

Proses regenerasi dan alih pengetahuan yang belum optimal sering kali menyebabkan pengetahuan yang hilang sehingga mengganggu kinerja organisasi.

Sinau dirancang untuk menyimpan, berbagi dan menerapkan pengetahuan dengan mudah, sehingga dapat diakses oleh pegawai dan masyarakat umum kapan pun dan di mana pun.

"Tuangkan dan simpan seluruh pengetahuan dan pengalaman anda di Sinau dan budayakan berbagi pengetahuan dengan memanfaatkannya," kata Nurhayati, saat membuka Bimtek.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Adakan Optimalisasi Relawan dalam Penanggulangan Bencana

Acara ini juga menghadirkan narasumber berpengalaman, antara lain Febrie Hastiyanto dari Bappedalitbang Kabupaten Tegal, Agung Ragil Pamungkas dan Dandy Azidansyah dari Diskominfo Kabupaten Tegal. Mereka berbagi wawasan tentang cara efektif memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola pengetahuan secara sistematis.

Sementara, Plt Kabid SPBE Diskominfo Kabupaten Tegal Alan Samsudin menambahkan, Bimtek Incakap ini diikuti 93 orang ASN dari seluruh OPD.

"Baik itu dari Setda, Dinas, Badan maupun Kecamatan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: