5 Tips Jitu Mengatasi Pinjaman Online yang Ditolak

5 Tips Jitu Mengatasi Pinjaman Online yang Ditolak

cara mengatasi pinjol ditolak --foto line bank

Beberapa hal yang perlu dicermati saat melampirkan data pribadi yaitu kesesuaiannya dengan KTP atau KK, foto selfie dengan membawa KTP terlihat jelas, dan kecocokan nama di KTP dengan rekening tujuan pengiriman dana pinjaman. Tidak hanya itu, pastikan pula nomor kontak yang diberikan aktif dan bisa dihubungi karena pihak pinjol sering kali melakukan verifikasi melalui panggilan telepon pada nomor tersebut.

4. Ketahui Kondisi Keuangan dan Kemampuan Bayar

Setiap orang tentu memiliki kondisi keuangan yang berbeda-beda yang perlu disesuaikan dengan nominal pinjaman yang nantinya akan diajukan. Idealnya, beban cicilan yang boleh dimiliki oleh seseorang yaitu 30% dari penghasilan per bulannya. Lebih dari rasio tersebut, risiko mengalami galbay atau kredit macet rentan terjadi.

Jika hal tersebut diketahui oleh pihak pemberi pinjaman, peluang pengajuan pinjaman dikabulkan sudah pasti sangat kecil. Krena itu, sebelum mengajukan pinjaman online, ketahui dulu kondisi keuangan dan kemampuan bayar agar mengetahui berapa besar nominal cicilan yang sanggup dilunasi setiap bulannya.

BACA JUGA:Penyebab Pengajuan Pinjol Ditolak dan Solusinya

5. Cek Riwayat Kredit dan Adakah Pinjaman yang Macet

Tips mengatasi pinjol ditolak berikutnya yaitu cek riwayat kredit. Catatan riwayat pinjaman atau skor kredit yang dimiliki oleh seseorang umumnya akan terdata secara nasional pada Bank Indonesia melalui sistem yang disebut dengan SLIK OJK. Pada sistem tersebut, pihak pinjol mampu mengetahui apakah seseorang pernah mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan lain, baik konvensional maupun berbasis digital.

Selain itu, jika ada tanggungan cicilan yang macet atau tertunggak, data tersebut juga bisa dilihat melalui SLIK OJK. Apabila kalian memiliki riwayat kredit yang buruk akibat kredit macet, sudah pasti pihak pinjol akan mengetahuinya. Jika benar demikian, maka pengajuan pinjaman yang dilakukan tidak akan disetujui karena risiko yang sama bisa saja terjadi kembali.

Itulah beberapa informasi seputar tips mengatasi pinjol ditolak yang perlu kalian ketahui dan perhatikan sebelum mengajukan pinjaman. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: