3 Tips Jitu Membersihkan Nama di SLIK OJK , Solusi Bebas dari Daftar Hitam

3 Tips Jitu Membersihkan Nama di SLIK OJK , Solusi Bebas dari Daftar Hitam

tips membersihkan nama di slik ojk --foto youtobe

Perlu diingat, pembaruan data biasanya dilakukan maksimal 30 hari setelah pelaporan penghapusan tagihan. Nantinya, pihak pemberi layanan kredit juga akan menerbitkan surat keterangan penghapusan atau pelunasan tagihan untuk disimpan dan dipakai jika dibutuhkan.

Jika data belum berubah selama rentang waktu tersebut, maka debitur bisa melaporkan dan mengajukan komplain ke lembaga pemberi pinjaman. Minta konfirmasi dan kejelasan atas masalah tersebut supaya bisa diselesaikan secepatnya.

3. Mengecek Nama Terlebih Dahulu di SLIK OJK

Tips membersihkan nama di SLIK OJK berikutnya yaitu dengan mengecek nama yang digunakan saat berurusan dengan pihak pemberi layanan pinjaman. Langkah ini bisa membantu mengetahui apakah nama itu masih memiliki tanggungan yang belum dibayarkan atau tidak.

Untuk mengeceknya dapat dilakukan secara online lewat situs iDebku milik OJK di laman idebku.ojk.go.id. Mengecek nama di layanan itu harus dilakukan debitur secara mandiri dan tidak bisa diwakilkan.

BACA JUGA:Cara Membersihkan BI checking atau SLIK OJK Agar Skor Kredit Membaik

Apa Itu SLIK OJK?

SLIK merupakan singkatan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan. Sistem ini dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), makanya disebut sebagai SLIK OJK.

Dilansir laman resminya, SLIK OJK berfungsi sebagai sistem yang mendukung pengawasan dan penyediaan informasi di bidang keuangan dalam rangka meningkatkan disiplin industri finansial. Sebelum bernama SLIK OJK, awalnya disebut dengan BI Checking.

SLIK OJK juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan BI Checking, sehingga nasabah bisa mengecek baik atau buruknya riwayat kredit mereka sendiri.

Layanan ini bisa dimanfaatkan untuk memperlancar proses penyediaan dana, penerapan manajemen risiko kredit atau pembiayaan, penilaian kualitas debitur sampai verifikasi untuk kerja sama pelapor SLIK dengan pihak ketiga.

Demikian beberapa informasi mengenai tips membersihkan nama di SLIK OJK agar bebas dari blacklist BI checking yang perlu kalian lakukan dan terapkan untuk mempermudah mendapatkan pinjaman kembali. Semoga bermanfaat. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: