Bagaimana Tips Memilih Pinjol Terpercaya? Lakukan 6 Solusi Ini Agar Terhindar dari Penipuan

Bagaimana Tips Memilih Pinjol Terpercaya? Lakukan 6 Solusi Ini Agar Terhindar dari Penipuan

tips memilih pinjol terpercaya --foto jawa pos

DISWAY JATENG - Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dan tingkat ekonomi yang terus menurun membuat pinjaman online kian dicari. Demi keamanan masyarakat hendaknya tahu dengan benar tips memilih pinjol yang terpercaya.

Saat ini layanan pinjol menjadi solusi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan dana darurat. Namun, penting bagi kalian untuk mengetahui tips memilih pinjol yang terpercaya agar tidak terjerat tindakan penipuan maupun risiko kerugian lainnya. 

Kemudahan yang diberikan oleh pinjol ternyata ada berbagai risiko yang harus dihadapi, seperti bunga tinggi, teror dari DC, dan penipuan lainnya yang merugikan kalian sendiri. Supaya terhindar dari hal tersebut, sebaiknya ketahui tips memilih pinjol yang terpercaya dan aman untuk digunakan. 

Dibawah ini ada beberapa tips memilih pinjol yang terpercaya yang bisa kalian coba dan lakukan untuk terhindar dari berbagai risiko yang merugikan dikemudian hari. 

BACA JUGA:Tips Aman Memilih Pinjol Legal dan Kenali Ciri-cirinya

 

Supaya dapat terhindar dari jeratan dan tindakan penipuan oleh pinjol ilegal dan abal-abal sebaiknya masyarakat memperhatikan beberapa hal berikut ini: 

1. Memiliki Aplikasi dan Web Resmi 

Salah satu ciri dari penyelenggara pinjol yang sudah mengantongi izin dari OJK yaitu memiliki aplikasi dan juga laman website resmi. Aplikasi bisa ditemukan dengan mudah melalui toko aplikasi di smartphone supaya proses peminjaman dana bisa dilakukan. 

Sedangkan website selain digunakan sebagai media penawaran produk layanan biasanya juga sebagai alat untuk memberikan berbagai informasi terkait pinjol. Melalui website nasabah bisa melihat dan membaca produk-produk layanan finansial yang dimiliki oleh fintech tersebut sehingga lebih mudah memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

2. Biaya dan Bunganya Transparan 

Penyelenggara pinjol yang legal dan bisa dipercaya keamanannya selalu memberikan rincian biaya dan suku bunga secara transparan kepada semua calon borrower. Bahkan disediakan juga fitur untuk melakukan simulasi pinjaman oleh nasabah supaya mereka mengetahui berapa cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan serta besaran biayanya. 

BACA JUGA:Sebelum Ajukan, Ketahui 5 Tips Jitu Memilih Pinjol yang Aman agar Terhindar dari Penipuan

Dengan transparansi seperti ini maka nasabah sejak awal sudah mengetahui apa yang menjadi risiko dan tanggung jawabnya sehingga tidak akan terjadi tindakan penipuan. Fintech pinjol yang resmi terdaftar di OJK tidak membebani masyarakat dengan bunga tinggi. Rata-rata suku bunga pinjaman tidak lebih dari 4%. Berbeda dengan pinjol ilegal yang bisa memberikan bunga sampai 40% dari total pinjaman yang diberikan kepada nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: