Waspada, Inilah 9 Tanda Hp Disadap oleh Hacker

Waspada, Inilah 9 Tanda Hp Disadap oleh Hacker

tanda hp disadap--

5. Pesan dan Panggilan Aneh

Jika Anda menerima pesan atau panggilan dari nomor yang tidak dikenal, atau pesan yang berisi kode atau karakter aneh, hal itu bisa menjadi indikasi bahwa ponsel Anda disadap. Pesan dan panggilan tersebut bisa digunakan untuk mengendalikan ponsel Anda atau mencuri informasi pribadi Anda.

6. Muncul Iklan Tidak Wajar

Munculnya iklan yang tidak wajar atau tidak relevan dengan kebiasaan browsing Anda bisa menjadi tanda bahwa ponsel sedang dilakukan penyadapan. Aplikasi penyadap biasanya menampilkan iklan untuk mendapatkan keuntungan dari pengguna.

7. Kamera dan Mikrofon Menyala Sendiri

Jika Anda merasa kamera atau mikrofon ponsel Anda aktif tanpa sepengetahuan Anda, hal itu bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda sedang dilakukan penyadapan. Aplikasi penyadap dapat digunakan untuk memata-matai aktivitas Anda melalui kamera dan mikrofon.

8. Sulit Mematikan Ponsel

Jika Anda kesulitan untuk mematikan ponsel Anda, hal itu bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda sedang dilakukan penyadapan. Aplikasi penyadap dapat mencegah Anda untuk mematikan ponsel agar aktivitas penyadapan terus berjalan.

9. Data Pribadi Tersebar

Jika Anda menemukan data pribadi Anda, seperti foto, video, atau dokumen penting, tersebar di internet tanpa sepengetahuan Anda, hal itu bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda disadap. Data-data tersebut bisa dicuri oleh aplikasi penyadap dan disebarkan untuk tujuan tertentu.

Cara mengatasinya :

  1. Ubah Kata Sandi: Ubah kata sandi untuk semua akun yang Anda gunakan di ponsel Anda, seperti akun email, media sosial, dan akun perbankan.
  2. Instal Antivirus: Instal antivirus dan antimalware untuk memindai ponsel Anda dan menghapus aplikasi penyadap yang mungkin ada.
  3. Reset Pabrik: Reset pabrik ponsel Anda ke pengaturan awal. Hal ini akan menghapus semua data dan aplikasi di ponsel Anda, termasuk aplikasi penyadap.
  4. Ganti Nomor Ponsel: Jika Anda merasa tidak aman, Anda dapat mengganti nomor ponsel Anda.
  5. Laporkan ke Pihak Berwenang: Laporkan kejadian penyadapan ke pihak berwenang untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGA:Amankan Data Anda, Begini Cara Mengatasi Hp Disadap Pinjol dengan Tepat

Nah sekarang sudah tahukan apa saja tanda hp disadap, selalu berhati-hati dan tetap waspada. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: