12 Tips Jitu Lolos Pinjaman Bank, Salah Satunya Persiapkan Dokumen Lengkap

12 Tips Jitu Lolos Pinjaman Bank, Salah Satunya Persiapkan Dokumen Lengkap

tips lolos pinjaman bank--

DISWAY JATENG - Terdapat beberapa tips lolos pinjaman bank yang perlu anda ketahui sebelum melakukan pengajuan, tips ini wajib anda lakukan supaya pengajuan disetujui.

Sebagian orang akan melakukan pengajuan pinjaman di lembaga keuangan ketika sedang terdesak kebutuhan, namun tak sedikit yang melakukan pengajuan tidak disetujui. Oleh sebab itu anda perlu mengetahui tips lolos pinjaman bank.

Tips lolos pinjaman bank ini cukup mudah jika dilakukan dengan tepat, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Nah berikut ini akan kami ulas secara lengkap mengenai tips lolos pinjaman bank yang perlu anda ketahui.

BACA JUGA:Anti Tolak, Begini 13 Tips Jitu Agar Lolos Pengajuan Pinjol yang Dijamin Pasti Cair

 

1. Membangun Riwayat Kredit Positif

Riwayat kredit merupakan faktor utama yang dipertimbangkan bank dalam menilai kelayakan kredit Anda. Pastikan Anda memiliki riwayat kredit yang positif dengan selalu membayar tagihan dan cicilan tepat waktu. Hindari keterlambatan pembayaran atau tunggakan, karena hal ini dapat memperburuk skor kredit Anda.

2. Mempertahankan Skor Kredit yang Baik

Skor kredit adalah nilai yang menunjukkan kelayakan kredit Anda di mata bank. Skor kredit yang baik umumnya berada di atas 700. Anda dapat mengecek skor kredit Anda melalui SLIK OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau lembaga pemeringkatan kredit terpercaya.

3. Memiliki Penghasilan Tetap dan Cukup

Bank ingin memastikan Anda memiliki kemampuan finansial untuk melunasi pinjaman. Pastikan Anda memiliki penghasilan tetap dan cukup untuk menutupi angsuran pinjaman setiap bulannya. Siapkan bukti penghasilan seperti slip gaji, rekening koran, atau laporan keuangan bisnis.

4. Menjaga Debt-to-Income Ratio (DTI) yang Sehat

DTI adalah rasio yang menunjukkan proporsi penghasilan Anda yang digunakan untuk membayar utang. Idealnya, DTI Anda tidak boleh lebih dari 30%. Artinya, maksimal 30% dari penghasilan Anda digunakan untuk membayar cicilan utang, termasuk pinjaman bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: