Nelayan TPI Tanjungsari Kabupaten Pemalang Adakan Baritan

Nelayan TPI Tanjungsari Kabupaten Pemalang Adakan Baritan

SESAJI - Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyirami air bunga di miniatur kapal yang berisikan sesaji sebelum dilarung.Foto:Agus Pratikno/diswayjateng.disway.id --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Warga nelayan di TPI Tanjungsari, Kelurahan Sugihwaras, Kecamatan Pemalang menggelar acara baritan di TPI setempat. Acara sebagai rasa syukur warga nelayan ditandai dengan doa bersama dan larung sesaji yang dikemas dalam miniatur kapal berisi kepala sapi dan jajanan pasar.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam sambutannya menyampaikan, baritan ini sudah berjalan setiap tahun dan merupakan bagian dari rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rezeki. Acara baritan ini merupakan kolaborasi antara kegiatan budaya dan keagamaan. Sehingga, untuk uri-uri dan melestarikan budaya bangsa. 

BACA JUGA:Potongan Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Baru di Poltek Harber Tegal

"Inilah salah satu kegiatan melestarikan budaya yang sangat baik dan sekaligus sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT,"bebernya.

Acara baritan di TPI Tanjungsari ini berlangsung sangat meriah. Dilihat dari banyaknya warga yang hadir untuk menyaksikan jalannya acara tersebut. 

BACA JUGA:Pengesahan Warga Baru PSHT Kabupaten Tegal

Apalagi di saat puncak acara larung sesaji, warga masyarakat yang hadir berdesak-desakan untuk bisa menyaksikan acara sakral tersebut. Karena ada sesaji yang dikemas dalam bentuk miniatur kapal berisikan kepala sapi dan jajanan pasar. Dua sesaji dalam miniatur kapal disirami air bunga terlebih dahulu, kemudian setelah itu diangkut menggunakan perahu menuju tengah laut untuk dilarung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: