Kenali 7 Ciri Pencurian Data Pribadi, Salah Satunya Jangan Klik Link Phising

Kenali 7 Ciri Pencurian Data Pribadi, Salah Satunya Jangan Klik Link Phising

pencurian data pribadi--

DISWAY JATENG - Pencurian data pribadi merupakan permasalahan yang seringkali terjadi pada masa sekarang, hal ini dikarenakan kebutuhan ekonomi yang semakin hari makin meningkat membuat banyak orang melakukan penipuan.

Oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab akan melakukan pencurian data pribadi kemudian disalahgunakan, misalnya untuk mengajukan pinjaman online.

Pencurian data pribadi ini tentunya akan merugikan para korban, mulai dari informasi data yang disalahgunakan hingga tagihan pinjaman yang dilakukan oleh pelaku.

Oleh karena itu untuk menghindari adanya pencurian data pribadi, saran dari kami anda perlu mengenali ciri-cirinya. Hal ini untuk mengantisipasi penipuan tersebut datang kepada anda.

BACA JUGA:10 Tips Pinjol Data Busuk, Ketahui Sebelum Melakukan Pengajuan

Berikut ini akan kami beritahu berbagai ciri-ciri pencurian data pribadi yang perlu anda ketahui, yuk simak terus ulasannya dibawah ini.

 

1. Aktivitas akun yang tidak biasa

Perhatikan jika ada aktivitas mencurigakan di akun Anda, seperti login dari lokasi yang tidak dikenal, perubahan kata sandi, atau transaksi yang tidak Anda lakukan.

2. Pesan phishing atau spear phishing

Phishing adalah upaya penipuan untuk mencuri informasi pribadi Anda melalui email, pesan teks, atau situs web palsu yang dibuat menyerupai situs web sah. Spear phishing adalah jenis phishing yang lebih tertarget, di mana penjahat siber meneliti korbannya terlebih dahulu untuk membuat pesan yang lebih personal dan meyakinkan.

3. Penurunan performa perangkat

Jika perangkat Anda tiba-tiba menjadi lambat, sering macet, atau baterai cepat habis, ini bisa menjadi tanda bahwa perangkat Anda telah terinfeksi malware yang mencuri data Anda.

4. Tanda-tanda peretasan pada perangkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: