Android atau iOS? Ini Dia Perbedaannya

Android atau iOS? Ini Dia Perbedaannya

Perbedaan Android dan iOS-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Android dan iOS menjadi sistem operasi untuk gawai yang cukup populer saat ini. Smartphone dari perangkat Google dengan sistem operasi Android dan Apple dengan sistem operasi iOS mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia. 

Banyak orang yang ingin membeli Smartphone kebingungan saat dihadapkan pada perangkat dengan sistem operasi Android atau iOS. Banyak orang mengira, perbedaan dari Android dan iOS hanya dari segi harga. Padahal, banyak hal yang membedakan kedua jenis ponsel ini. 

Tidak hanya dari system operasional Android dan iOS saja. Keduanya memiliki perbedaan mulai dari segi penggunaan, kemampuan, dan masih banyak lagi. Keduanya memiliki segmen penggemarnya sendiri. 

Nah, lalu apa saja perbedaan Android atau iOS yang begitu popular di kancah Dunia? Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:7 HP Android Murah Berkualitas Harga 1 Jutaan

Berikut ini perbedaan Android dan iOS dengan keunggulan masing masing :

1. Penggunaan Aplikasi 

Untuk Aplikasi android sudah tersedia di Google Play Store sudah ada dalam jumlah yang luar biasa banyak. Hal ini berbeda dengan aplikasi yang boleh berada di Apple App Store, tidak semua pengembang bisa memasukkan aplikasi buatan mereka ke Apple App Store.

Di Smartphone Android, Anda bahkan bisa memasang aplikasi yang Anda dapatkan dalam bentuk Apk dari situs web manapun atau membagikan aplikasi Anda sendiri ke pengguna Android yang lain untuk kemudian mencoba menjalankannya. Namun Anda tidak bisa melakukan hal yang sama pada iOS Anda. Jika tidak mengunduhnya dari App Store, aplikasi apapun tidak akan bisa dipasang. Anda juga dilarang untuk mengganti tampilan yang muncul pada home screen.

2. Kapasitas Penyimpanan

Beberapa smartphone Android juga sudah dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal yang besar dan masih bisa menambahkan penyimpan eksternalnya karena memiliki slot memori tambahan. Hal ini bisa dikatakan sebagai kelebihan dari Smartphone Android dari segi penyimpanan eksternalnya.

Apple Inc sudah menentukan besarnya kapasitas penyimpanan internal untuk produk iOSnya. Pada awalnya, iOS dilengkapi dengan penyimpanan internal hanya sebesar 8GB atau 16GB. Namun seiring berjalannya waktu hingga Saat ini, iOS sudah menyediakan penyimpanan internal dengan kapasitas 256GB. Namun di dalam iOS tidak tersedia slot penyimpanan external tambahan.

3. Dalam Segi Kegunaan

Sedangkan Android merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Google yang dirancang untuk bisa kompatibel dengan berbagai merk Smartphone sedangkan iOS merupakan sistem operasi yang ekslusif karena sistem operasi ini dirancang secara khusus hanya untuk digunakan di produk iPhone dari Apple In saja. Bisa disimpulkan bahwa android di rancang untuk smartphone secara umum sedangkan iOS hanya digunakan untuk produk Apple Inc.

Dengan menggunakan iOS, menjadi pilihan yang disukai oleh banyak orang karena semua fungsi dalam smartphone ini jadi tampak sederhana dan mudah untuk digunakan oleh para penggunanya. iOS sangat berhati-hati dan cermat dalam mengontrol segala sesuatu yang boleh ada di iOS Anda. Berbanding terbalik dengan Android yang justru menawarkan kebebasan untuk melakukan apa saja yang Anda kehendaki di smartphone Android milik Anda sendiri.

BACA JUGA:Jangan Langsung Panik, Berikut 5 Cara Melacak HP Android Hilang dengan Tepat

4. Kemampuan Modifikasi Tampilan

Smartphone Android mengijinkan semua penggunanya untuk mengubah segala sesuatu pada layar sesuai keinginan kita. Anda bisa memilih menggunakan tampilan apapun sesuai dengan keinginan anda.

Berbeda seperti Android, iOS sebagai produk eksklusif, tidak memperbolehkan Anda untuk mengutak-atik homescreen, baik itu tema, logo, atau transisi slide home screen. Yang boleh Anda lakukan hanyalah mengganti tampilan wallpapernya saja.

5. Ketersediaan Suku Cadang

Smartphone dengan sistem operasi Android bisa dibeli dimana pun dengan harga yang pastinya jauh lebih murah daripada suku cadang iOS. Jika Anda lupa membawa kabel charger Android milik Anda, Anda bisa meminjam kabel charger pengguna Android yang lain karena biasanya semua jenis charger smartphone android memiliki colokan yang sama.

Namun, Pada suku cadang untuk iOS biasanya dijual dengan harga yang mahal serta sulit untuk didapatkan. Misalnya, charger iOS memiliki desain yang eksklusif dan dirancang khusus untuk produk dari Apple saja. Sehingga tidak mudah mencarinya di toko - toko biasa.

6. Kelengkapan Aplikasi iOS lebih baik daripada Android

Salah satu hal yang bisa dibanggakan oleh para pengguna iPhone adalah adanya berbagai aplikasi yang bisa ditemui di App Store tetapi tidak tersedia di Play Store. Namun pengguna Android bisa menemukan aplikasi yang fungsinya mirip dengan aplikasi App Store tersebut melalui google play store.

7. Keragaman Aksesoris

Setiap pabrikan Smartphone Android hadir dalam banyak pilihan jenis serta model setiap tahunnya. Hal ini bisa membuat Anda kesulitan menemukan aksesoris untuk smartphone Android seri terbaru yang Anda beli.

Namun iOS berbeda, merupakan perusahaan Smartphone yang jarang meluncurkan Smartphone baru sehingga anda bisa dengan leluasa memilih berbagai aksesoris untuk iPhone kesukaan Anda. Misalnya, casing iPhone yang tersedia dimana-mana dan bisa Anda beli dengan mudah.

BACA JUGA:Perbedaan iOS 17 dan iOS 18 di iPhone

8. Harga Android dan iOS

Jenis Smartphone Android dengan kapasitas penyimpanan 64 GB bisa didapatkan dengan harga antara 3 juta sampai 5 juta saja tergantung dari merk Smartphone Android tersebut. Seperti yang telah kita ketahui bahwa harga dari iPhone yang cukup mahal. 

Dengan melihat harga kedua jenis Smartphone tersebut, masyarakat Indonesia berasumsi bahwa jika seseorang menggunakan Smartphone Android, orang tersebut memiliki tingkat ekonomi kelas menengah kebawah sedangkan seseorang menggunakan produk iOS, maka orang tersebut memiliki tingkat ekonomi kelas atas.

Demikian ulasan perbedaan Android atau iOS dengan keunggulan masing - masing, menjadi pengetahuan terbaru pastikan membeli Smartphone yang benar benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Menurut kalian lebih baik mana? Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: