Waspada Penipuan Joki Pinjol yang Marak Terjadi di Masyarakat

Waspada Penipuan Joki Pinjol yang Marak Terjadi di Masyarakat

penipuan joki pinjol--

DISWAY JATENG - Kini kemudahan akses pinjaman online sering disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, salah satunya yaitu penipuan joki pinjol.

Penipuan joki pinjol ini sering sekali terjadi di kalangan masyarakat, jika anda tidak berhati-hati dalam bermain sosial media maka bisa saja anda menjadi korban mereka.

Biasanya penipuan joki pinjol ini menjanjikan proses yang mudah dan cepat, tanpa perlu ribet mengurus dokumen. Tetapi jangan salah, karena di balik itu semua tersembunyi banyaknya bahaya yang akan membuat anda menjadi rugi.

Maraknya penipuan joki pinjol ini menjadikan anda perlu waspada supaya dapat terhindar dari permainan mereka, oleh karena itu anda perlu mengetahui apa saja ciri-cirinya.

BACA JUGA:Waspada, ini Dia 5 Resiko Menggunakan Joki Pinjol yang Akan Merugikan Kamu

Dibawah ini akan mengulas secara lengkap mengenai ciri-ciri penipuan joki pinjaman online yang perlu anda ketahui, simak terus ulasannya berikut ini.

Ciri-ciri Penipuan Joki Pinjol:

1. Menawarkan Pinjaman dari Platform Pinjol Ilegal

Penipu biasanya menawarkan pinjaman dari platform pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Platform pinjaman online ilegal ini berisiko tinggi dan tidak aman bagi data pribadi Anda.

2. Meminta Data Pribadi Berlebihan

Penipu tidak hanya meminta data diri seperti KTP dan nomor handphone, tetapi juga meminta data pribadi yang tidak relevan dengan proses pengajuan pinjaman, seperti data perbankan, foto selfie dengan KTP, dan data akun media sosial.

3. Menghubungi Anda Berulang Kali untuk Mengirim Uang

Setelah Anda mengirimkan bi upfront, penipu akan terus menghubungi Anda untuk meminta uang lagi dengan berbagai alasan, seperti biaya tambahan, biaya verifikasi, atau biaya transfer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: