Ciri-Ciri HP Disadap DC Pinjol Ilegal, Cek HP Kamu Sekarang!

Ciri-Ciri HP Disadap DC Pinjol Ilegal, Cek HP Kamu Sekarang!

Ciri-Ciri HP Disadap DC Pinjol Ilegal, Cek HP Kamu Sekarang!-pinterest-

Biasanya provider akan mengumumkan kepada penggunanya, ketika sinyal sedang bermasalah atau mengalami gangguan. Namun jika hal ini tidak terjadi, ada kemungkinan bahwa ponsel kamu dibajak pinjol ilegal.

BACA JUGA:6 Ciri-ciri Penipuan Pinjol yang Wajib Diketahui Sebelum Mengajukan Pinjaman

4. Panggilan dan pesan yang tidak wajar

Sering menerima panggilan telepon dan pesan yang tidak wajar adalah salah satu ciri-ciri HP yang disadap. Pihak pinjol biasanya akan meneror dan mengancam pengguna untuk bayar pinjaman. 

Jika kamu mendapati pesan yang berisi kode OTP atau pesan berisi penagihan dan transaksi padahal tidak melakukannya, jangan sampai mengeklik pesan atau link tersebut.

5. Aplikasi tak dikenal terinstal

Terdapat aplikasi yang tidak dikenal secara tiba-tiba terinstall pada ponsel, menjadi pertanda pihak pinjol telah melakukan penyadapan tanpa izin dari pengguna. Jika hal ini terjadi, segera hapus dan uninstall aplikasi yang mencurigakan ini.

6. Privasi keamanan ponsel hilang

Kebocoran data seperti file foto dan video bisa tersebar luas, yang terjadi karena adanya aktivitas penyadapan dari server DC pinjol ilegal. 

Pihak peretas juga mampu mengubah pengaturan keamanan pada ponsel, mulai dari kata sandi, pola kunci, hingga menghapus akun google yang tertaut pada ponsel kamu. Sebab, setelah berhasil meretas, pinjol punya akses penuh terhadap perangkat pengguna.

BACA JUGA:Risiko Penipuan Berkedok Hapus Data Pinjol

Solusi untuk HP yang disadap adalah rajin mengecek aplikasi yang ada di HP, barangkali ada aplikasi yang mencurigakan segera dihapus supaya aman dari penyadapan. Uninstall aplikasi pinjol ilegal, karena aplikasi ini sangat berbahaya dan rawan malware.

Rajin bersihkan cache yang ada pada ponsel, supaya sampah yang ada didalamnya tidak menjadi ancaman dan penganggu di lain hari. Cek secara berkala apakah ada kejanggalan pada HP seperti ciri-ciri di atas. 

Waspada dan lebih berhati-hati jika ciri-ciri HP disadap DC pinjol ilegal ini, ada pada perangkatmu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: