4 Cara Hindari Lilitan Utang Pinjol, Solusi Bebas dari Kejaran Debt Collector

4 Cara Hindari Lilitan Utang Pinjol, Solusi Bebas dari Kejaran Debt Collector

cara hindari lilitan utang pinjol --foto narasi tv

Dengan mengetahui kemampuan keuangan kalian, hal tersebut membuat keuangan menjadi lebih sehat serta menghindari dari kesulitan untuk membayar pengeluaran dasar lainnya. Setelah memastikan semuanya baik-baik saja maka kalian baru bisa mengajukan pinjaman ke lembaga penyedia pinjol yang dapat diakses melalui laman web maupun aplikasi. 

BACA JUGA:4 Cara Mengajukan Keringanan Pinjaman Online agar Bebas dari Lilitan Utang

4. Mengajukan Pinjaman Didasarkan pada Kebutuhan, Bukan Hanya Keinginan Saja

Sering kali kalian tergoda untuk memiliki sesuatu, namun kantong berkata lain. Salah satu cara instan untuk bisa memilikinya sering kali dengan cara mengajukan pinjaman ke bank. Hal tersebut tentunya tindakan yang salah, terlebih jika jenis pinjaman yang kalian ajukan yaitu tipe pinjaman online. Kalian harus bisa membedakan mana kebutuhan dari sisi urgensinya. Kalian tentunya pernah memperoleh pengetahuan bukan antara kebutuhan primer, sekunder dan tersier. 

Kebutuhan primer sendiri merupakan kebutuhan sandang, pangan dan papan, dimana didalamnya termasuk biaya berobat, biaya pendidikan serta kebutuhan hidup lainnya. Sedangkan kebutuhan yang sifatnya berupa keinginan yaitu berupa impian atau keinginan yang justru sifatnya sesaat. Sifat dari kebutuhan tersebut yaitu tidak wajib langsung terealisasi saat itu juga. 

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara hindari lilitan utang pinjol yang wajib kalian perhatikan.  Jangan beranggapan semua kreditur pinjaman online yaitu legal. Kalian patut curiga dengan syarat yang ditentukan pihak kreditur, dan yang terpenting jangan ragu untuk membandingkan besaran bunga, serta syarat yang ditentukan kreditur sehingga kalian tidak salah melangkah. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: