Cara Bebas Dari Utang Pinjol dengan Mudah, Untuk Menghindari Galbay

Cara Bebas Dari Utang Pinjol dengan Mudah, Untuk Menghindari Galbay

Cara Bebas Dari Utang Pinjol dengan Mudah, Untuk Menghindari Galbay-pinterest-

DISWAY JATENG - Pinjol jadi pilihan yang mudah dan cepat untuk mendapatkan pinjaman uang. Namun, dibalik kemudahannya ada risiko yang jarang diketahui. Risiko tersebut adalah galbay atau gagal bayar. Lalu, bagaimana cara bebas dari utang pinjol?.

Cara bebas dari utang pinjol bisa dilakukan dengan mudah, asal kamu mengikuti langkah-langkah ini dengan baik dan benar. Sebelum mengetahuinya, kamu harus lebih dahulu mengetahui faktor penyebab seseorang terjerat utang pinjaman online.

Salah satu faktornya adalah kurangnya literasi keuangan pada masyarakat. Kemudahan akses yang diberikan oleh pinjol, membuat seseorang lebih memilih menutup utang pinjol dengan meminjam uang di pinjol lain. Hal ini bukan solusi atau cara bebas dari utang pinjol yang tepat.

BACA JUGA:4 Cara Melunasi Utang Pinjol Dengan Bunga Tinggi

Cara tersebut bisa berdampak pada utang yang lebih besar lagi, seperti lingkaran setan yang tidak ada habisnya. Bunga akan menjadi lebih banyak dan utang semakin menumpuk. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara bebas dari utang pinjol dengan mudah.

1. Buat Rencana Pembayaran

Untuk menghindari kamu jadi nasabah galbay, bisa lakukan tips ini. Pertama, buat rencana pembayaran dengan mencatat seluruh utang pinjol yang kamu miliki. Catat semua pinjaman, termasuk bunga, biaya keterlambatan dan biaya administrasi jika ada, serta tanggal jatuh tempo.

Setelah mencatat semua hal tersebut, buatlah anggaran dengan memprioritaskan pembayaran tertentu. Urutkan berdasarkan prioritas hutang yang lebih besar serta tanggal jatuh tempo terdekat. 

2. Meningkatkan Penghasilan

Jika kamu punya utang pinjol dan sulit untuk melunasinya, caranya adalah dengan meningkatkan penghasilan yang kamu miliki sekarang. Kamu bisa mencari pekerjaan tambahan jadi freelance, membuka usaha kecil-kecilan di rumah, dan menjual barang yang tak terpakai di rumah.

3. Hindari Pinjam Uang Lagi

Hindari untuk cari pinjaman uang lagi di pinjol, jangan mengambil pinjaman ketika kamu masih punya utang di aplikasi pinjol. Hal ini hanya akan memperberat cicilan yang dibayarkan. Apalagi tujuan meminjam uang adalah untuk melunasi utang sebelumnya.

Sebisa mungkin jangan sampai tergoda untuk menyelesaikan utang lama dengan pinjaman baru, atau yang lebih tepatnya yaitu gali lubang tutup lubang.

BACA JUGA:Risiko Galbay Pinjol Rupiah Cepat, Jangan Berani Lakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: