4 Tips Amankan Data Pribadi di Pinjol

4 Tips Amankan Data Pribadi di Pinjol

4 Tips Amankan Data Pribadi di Pinjol-freepik-

DISWAY JATENG- Kasus penyalahgunaan data pribadi dalam layanan pinjaman online semakin mengkhawatirkan dan perlu diwaspadai. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana mengajukan pinjaman, penting untuk memahami tips amankan data pribadi di pinjol Anda.

Tips amankan data pribadi di pinjol bisa dilakukan dengan mudah. Dengan beberapa langkah efektif ini, Anda bisa menghindari berbagai kerugian.

Mengetahui tips amankan data pribadi dipinjol sangat penting jika Anda ingin mengajukan pinjaman. Pasalnya, saat ini banyak korban dari penyedia pinjaman online, terutama di platform ilegal.

Pada tips amankan data pribadi di pinjol platform pinjol legal yang resmi terdaftar di OJK, penyedia pinjaman hanya diperbolehkan mengakses kamera, lokasi, dan kontak. Tujuannya adalah untuk menjaga privasi nasabah yang menggunakan layanan tersebut. Berbeda halnya dengan platform pinjol ilegal yang dapat melakukan pelanggaran dengan menyadap seluruh data di ponsel nasabah. Pinjaman ilegal bahkan bisa melacak semua data yang ada di WhatsApp (WA) hingga ke galeri.

BACA JUGA:5 Cara Melaporkan DC Pinjol ke OJK Jika Penagihan Tidak Sesuai Prosedur

Dalam beberapa kasus, terdapat tindakan intimidasi dari penagih lapangan pinjaman online ilegal yang menggunakan foto nasabah sebagai ancaman. Hal ini terjadi karena nasabah tidak dapat melunasi utang dan berakhir gagal bayar (galbay).

 

1.Langsung Hapus Tawaran SMS

Tips amankan data pribadi di pinjol yang pertama, Jika menerima penawaran pinjaman melalui SMS, jangan mengkonfirmasi atau menerima. Ini biasanya berasal dari platform pinjaman online ilegal, jadi Anda harus waspada.

Pinjaman online yang legal dan terdaftar di OJK tidak boleh menawarkan pinjaman melalui SMS atau pesan pribadi. Penawaran hanya diperbolehkan melalui aplikasi resmi saja.

 

2. Menjaga Data Pribadi

Jika Anda sudah menggunakan platform pinjaman online, jangan sembarangan mengunduh atau mengunggah identitas pribadi. Hindari transaksi keuangan menggunakan jaringan WiFi umum dan pastikan hanya menggunakan aplikasi pinjaman online yang resmi terdaftar di OJK.

Anda dapat melindungi data pribadi di pinjaman online dengan cara-cara tersebut. Dengan beberapa langkah ini, Anda dijamin bisa menghindari berbagai kerugian yang disebabkan oleh platform pinjaman online ilegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: