Ini Dia Tips Hemat Liburan Keluarga, Nggak Perlu Bingung Soal Keuangan

Ini Dia Tips Hemat Liburan Keluarga, Nggak Perlu Bingung Soal Keuangan

Tips hemat liburan keluarga-Eraspace-

DISWAYJATENG – Liburan keluarga menjadi hal yang dinantikan banyak orang. Namun, Anda juga perlu mengetahui tips hemat liburan keluarga, dengan mengetahui tips tersebut, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kelebihan biaya yang membengkak.

Liburan keluarga bukanlah suatu hal yang buruk. Dengan melakukan liburan keluarga banyak manfaat yang bisa diambil. Dengan begitu, sebaiknya Anda menyiapkan tips hemat liburan keluarga lebih dulu.

Tips hemat liburan keluarga menjadi sebuah solusi bagi mereka yang ingin berlibur dengan biaya murah. Liburan memang bukan berarti harus mengeluarkan uang banyak, adakalanya liburan bisa dilakukan dengan minim biaya.

Tips hemat liburan keluarga ini bisa diawali dari pemilihan tempat liburan. Tidak bisa dipungkiri bahwa pemilihan tempat liburan sangat berpengaruh dengan banyaknya biaya yang dikeluarkan, maka dengan begitu bijaklah memilih tempat untuk berlibur.

Agar liburanmu sesuai dengan biaya yang dimiliki, simak inilah tips hematnya :

BACA JUGA:Inilah Keunikan Kedai Kopi Merekah Semarang yang Viral di Tiktok, Tertarik Kunjungi?

1. Merencanakan Liburan Keluarga secara Matang

Langkah awal yang penting dilakukan adalah membuat perencanaan liburan keluarga yang matang dan terperinci sejak jauh hari. Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan antara lain:

- Waktu liburan (tanggal dan durasi)

- Destinasi liburan

- Jumlah anggota keluarga yang akan berlibur

- Moda transportasi yang akan digunakan

- Persiapan lain seperti pembawaan bekal makanan atau pembelian di lokasi liburan

BACA JUGA:Tips Liburan Low Budget, Murah tapi Nggak Murahan

2. Melakukan Survei Destinasi Liburan

Setelah Anda membuat daftar destinasi liburan yang ingin dikunjungi, tips menghemat biaya liburan keluarga selanjutnya adalah dengan melakukan survei untuk mencari informasi mengenai destinasi tersebut.

Informasi penting  meliputi biaya masuk, fasilitas dan kendaraan yang tersedia, serta makanan lezat di sekitar lokasi. Perhatikan juga apakah ada perbedaan harga antara tiket masuk dengan harga wahana tertentu.

3. Menetapkan Anggaran Liburan Keluarga

Tips hemat liburan keluarga yang perlu diperhatikan adalah menetapkan anggaran. Menetapkan anggaran yang tepat adalah bagian penting dari merencanakan liburan keluarga yang hemat.

Dengan merencanakan liburan dari jauh-jauh hari, keluarga dapat membuat tabungan khusus untuk memenuhi kebutuhan liburan mereka. Menetapkan anggaran yang jelas dari awal akan membantu keluarga mengumpulkan uang yang diperlukan untuk menikmati liburan yang hemat tetapi tetap menyenangkan.

BACA JUGA:Tips Hemat Liburan ke Bali untuk Pemula, Solusi Biaya Rendah untuk Liburan Mewah

4. Memesan Tiket Penginapan dan Transportasi Jauh Hari

Jika liburan keluarga melibatkan perjalanan ke destinasi yang cukup jauh, yang membutuhkan tiket penginapan dan transportasi, Anda harus memesan tiket jauh sebelum tanggal keberangkatan sehingga Anda dapat memperoleh tarif yang lebih murah.

Namun, jangan lupa untuk memilih penginapan dan transportasi yang terjangkau sesuai dengan anggaran liburan Anda, dengan tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan.

5. Memanfaatkan Diskon dan Promo Liburan

Cara lain untuk menghemat biaya liburan adalah dengan memanfaatkan diskon dan promo yang tersedia. Diskon dan promo ini dapat ditemukan pada saat memesan tiket dari biro perjalanan atau aplikasi penyedia layanan tiket hotel, transportasi, dan tiket wisata.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan kartu member, program loyalitas, kode referral, atau kupon diskon untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

6. Menghindari Liburan di Musim Ramai

Untuk mencapai liburan keluarga yang lebih hemat dan menyenangkan, pertimbangkan untuk tidak bepergian di musim liburan atau high season. Banyak destinasi wisata yang menerapkan tarif lebih tinggi pada musim liburan atau hari-hari besar, mulai dari harga tiket masuk, tarif transportasi, penginapan, hingga biaya-biaya lain seperti parkir.

7. Membawa Uang Tunai dan Menggunakannya secara Bijak

Tips hemat liburan keluarga yang terakhir adalah membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup dan menggunakannya secara bijak. Membawa uang tunai dapat membantu Anda dalam menyiasati pengeluaran selama liburan.

Sebaliknya, melakukan pembayaran dengan uang elektronik dapat membuat Anda kurang waspada terhadap nominal pengeluaran yang terjadi.

Nah, itulah tips hemat liburan keluarga. Cobalah lakukan dan selamat berlibur(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: