6 Destinasi Wisata Demak Yang Unik Dan Menarik, Bikin Kalian Betah

6 Destinasi Wisata Demak Yang Unik Dan Menarik, Bikin Kalian Betah

Destinasi wisata Demak yang unik dan menarik -Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Tempat wisata di Demak adalah salah satu yang banyak dicari oleh orang-orang yang suka sekali bepergian dan travelling. Meski Demak adalah kota yang tidak begitu populer, tetapi memiliki beragam destinasi wisata Demak yang unik dan menarik.

Demak merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Jawa Tengah dengan letak berada di utara Pulau Jawa yang mana memiliki bermacam macam mulai dari potensi wisata laut hingga wisata alam hijau yang mana memiliki daya tarik destinasi wisata Demak yang unik dan menarik yang diminati oleh masyarakat sekitar. 

Mendengar nama Kota Demak yang tersirat pasti kerajaan Islam Demak. Potensi destinasi wisata Demak yang unik dan menarik juga lebih dikenal dengan wisata religinya. Masyarakat Indonesia yang mengunjungi Demak biasanya untuk ziarah ke makam Sunan Kalijaga.

Ternyata, wisata di kota di Jawa Tengah ini tidak selalu berkaitan dengan religi, wisata alam di kota ini pun wajib untuk kamu kunjungi. Begitu juga dengan Jawa Tengah yang memiliki kota Demak dan mempunyai pesona destinasi wisata Demak yang unik dan menarik yang tak kalah menarik.

Objek wisata di Kabupaten Demak menyajikan beragam destinasi wisata Demak yang unik dan menarik yang bisa dijadikan pilihan untuk berlibur. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Ganjar dan Airlangga Sepakat Tol Semarang Demak Dipercepat

 

1. Museum Masjid Agung Demak

Lokasi: Kauman, Bintoro, Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59511. Masih di kompleks yang sama, Museum Masjid Demak menghadirkan wisata sejarah dan religi ini bisa menambah pengetahuanmu. Kamu bisa berkunjung di Museum Masjid Demak yang buka dari pagi sampai sore sebagai alternatif wisata di Demak.

Meskipun begitu luas, namun koleksi di Museum ini cukup banyak. Museum Demak menyimpan koleksi-koleksi dari beberapa walisongo, yaitu Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, dan Sunan Ampel.

Koleksi dari Museum Masjid Agung Demak berupa kentongan, gentong hadiah Putri Campa dari dinasti Ming, Al Quran yang ditulis tangan, bedug, foto masjid pada zaman dahulu, dan masih banyak lainnya. Benda-benda tersebut hingga kini masih terawat dengan baik sehingga bisa dinikmati pengunjung.

Tak hanya sebagai tempat menyimpan koleksi bersejarah, keberadaan Museum Masjid Agung Demak adalah untuk menjaga nilai-nilai dari Masjid Agung Demak yang tak jauh dari bangunan ini. Sedikit informasi, bahwa Masjid Agung Demak adalah masjid tertua di Indonesia.

2. Brown Canyon

Selain wisata religi, di Demak juga menyimpan wisata alam yang sangat menarik, yaitu Brown Canyon. Tempat ini menawarkan tebing-tebing dengan kontur yang indah, hampir mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

Sebelum menjadi destinasi wisata, Brown Canyon adalah tambang galian, sisa-sisa dari tambang tersebut justru membuat tempat ini begitu artistik. Di Brown Canyon kamu bisa mendapatkan foto yang instagramable atau jika suka kegiatan menantang, bisa mencoba panjat tebing di tempat ini.

Berkunjung ke Brown Canyon, jangan lupa menyiapkan perbekalan terutama air minum. Tempat ini sangat luas dan cukup terik, sehingga membutuhkan tenaga lebih untuk eksplor Brown Canyon.

BACA JUGA:Keren! Belajar Penanganan Paska Bencana, BPBD Kabupaten Demak Lakukan Study Tiru ke Tegal

3. Hutan Mangrove Morosari

Lokasi: Tambaksari, Bedono, Kec. Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59563. Obyek wisata murah meriah di kota ini dan wajib kamu kunjungi adalah Hutan Mangrove Morosari. Pesona hutan yang anti mainstream, membuat pengunjung mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Kamu bisa berkunjung Hutan Mangrove Morosari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Sementara itu, lokasi Hutan Mangrove Morosari kurang lebih 21 km dari pusat kota. Hutan ini bisa dijangkau dengan mobil pribadi atau motor.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan hutan saja, ada banyak aktivitas seru yang disediakan pengelola Hutan Mangrove Morosari. Beberapa aktivitas tersebut antara lain adalah spot foto, wahana bebek air, perahu wisata, hingga warung makan yang bisa memanjakan perutmu.

4. Pantai Morosari

Lokasi: Morosari, Bedono, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Wisata alam yang menghadirkan pemandangan sangat menakjubkan di Demak adalah Pantai Morosari. Fasilitas di pantai ini sudah sangat lengkap dan terawat, sehingga sangat cocok kamu kunjungi bersama keluarga.

Pesona pantai memang tidak ada tandingannya, kamu bisa kunjungi pantai ini untuk mendapatkan ketenangan pikiran sebelum kembali bertarung di padatnya pekerjaan. Tidak hanya itu saja, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Morosari, yaitu perahu wisata, bebek air dan lainnya.

Setelah bermain air, kamu pasti merasa lapar. Tak perlu khawatir, di sekitar Pantai Morosari banyak ditemui warung makan yang menyajikan seafood lezat. Makan seafood akan terasa lebih nikmat apabila langsung disantap di pinggir pantai.

BACA JUGA:Ganjar Sebut Tol Semarang-Demak Bisa Operasional Saat Nataru 2022

5. Desa Wisata Tlogoweru

Ada yang baru dan unik di destinasi wisata Demak. Yaitu adanya Desa Wisata Tlogoweru yang berlokasi di Kecamatan Guntur. Desa wisata ini terkenal dengan banyaknya burung hantu yang bisa ditemui di sana. Sebagian besar penduduknya memelihara burung hantu dan menjadi salah satu daya Tarik yang sangat berbeda.

Penangkaran burung hantu ini pada awalnya bertujuan untuk mengurangi hama tikus yang sering merusak tanaman pertanian. Akan tetapi, saat ini justru menarik para wisatawan yang penasaran dengan penangkaran burung hantu tersebut. Dan yang menarik adalah banyaknya burung hantu yang dibiarkan hidup bebas di desa wisata Tlogoweru ini. Bahkan jumlahnya lebih dari 200 ekor burung hantu.

6. Kolam Renang Polaris

Apabila kamu berkeinginan untuk berenang, maka Kabupaten Demak memiliki sebuah wisata air yang terkenal. Kolam Renang Polaris menjadi salah satu destinasi tempat wisata keluarga di Demak yang nyaman. Bukan hanya itu, lokasi tersebut juga menyediakan fasilitas yang komplit.

Kolam renang yang berlokasi di Jalan Sunan Kalijogo, Ds Botorejo, Demak ini juga menyediakan wahana air. Terutama yang disediakan bagi kolam renang anak dengan beberapa fasiltas papan seluncur dan area permainan lainnya.

Dengan demikian, kolam renang tersebut menjadi salah satu wisata anak di Demak yang paling diminati. Terlebih lagi harga tiket masuk di kolam renang ini tergolong terjangkau. Selain itu, mereka juga menyediakan fasilitas yang lengkap. Para pengunjung juga bisa menyewa peralatan renang dengan harga yang cenderung relative murah.

Demikian ulasan destinasi wisata Demak yang unik dan menarik, bisa dijadikan referensi saat liburan telah tiba. Liburan? di Indonesia saja. Semoga bermanfaat.(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: