Begini Cara Menghindari Pinjol Ilegal, Bakal Terhindar Suku Bunga yang Tinggi

Begini Cara Menghindari Pinjol Ilegal, Bakal Terhindar Suku Bunga yang Tinggi

menghindari pinjol ilegal--

DISWAY JATENG - Layanan pinjaman online dapat ditemukan dengan mudah di smartphone anda, namun ketika anda ingin menggunakannya wajib memilihnya dengan benar. Hal ini untuk menghindari pinjol ilegal.

Pasalnya menghindari pinjol ilegal ini perlu dilakukan supaya anda tidak terjebak dengan suku bunga yang melambung tinggi, selain itu platform yang tidak resmi OJK juga rawan menyebarkan data maupun menyalahgunakan data milik debitur.

Oleh karena itu sebelum menggunakan layanan pinjaman online pastikan kelegalitasan platform tersebut, dengan menghindari pinjol ilegal tentunya akan menyelamatkan anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Terdapat berbagai cara untuk menghindari pinjol ilegal yang dapat dilakukan dengan tepat, simak uraiannya dibawah ini supaya anda tidak terjebak dalam pemainan oknum yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:7 Tips Pinjol ACC Cepat, Rahasia Pinjaman Cepat Cair

 

1. Pahami Syarat dan Ketentuan

Sebelum mengajukan dana pinjaman di suatu aplikasi anda wajib membaca dengan cermat syarat dan ketentuan yang berlaku, pastikan anda memahami semua biaya, bunga, serta denda yang diberikan dari pihak penyedia. Jika ada yang anda bingungkan maka anda dapat bertanya ke pihak penyedia.

2. Gunakan Aplikasi Resmi

Penggunaan platform pinjaman online dapat diunduh langsung di Google Play Store atau App Store, hindari pengunduhan aplikasi dari sumber yangtidak dikenal atau tautan mencurigakan. Hal tersebut tentunya sangat rawan terjadinya penipuan.

3. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Jangan pernah membagikan data pribadi anda kepada pihak yang tidak dikenal atau tidak terverifikasi serta hindari mengklik tautan atau membuka lampiran mencurigakan yang berasal dari pesan singkat maupun email.

4. Cari Alternatif Pendanaan yang Aman

Jika anda membutuhkan dana, pertimbangkan alternatif pendanaan yang aman dan legal seperti bank, koperasi, atau lembaga keuangan resmi lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: