Waspada Penipuan, Begini 5 Tips Menghindari Pinjol Ilegal

Waspada Penipuan, Begini 5 Tips Menghindari Pinjol Ilegal

Tips menghindari pinjol ilegal--

BACA JUGA:3 Tips Keluar Jeratan Pinjol Ilegal Jika Terlanjur Galbay

3. Pahami Perbebedaan Platfrom Legal dan Ilegal

Penting untuk diketahui, pinjol ilegal sangat berbahaya untuk digunakan. Tips menghindari pinjol ilegal berikutnya, yakni memahami perbedaan pinjol legal dan ilegal.

Sebelum Anda mengajukan pinjaman, Anda perlu tahu tentang perbedaan platfrom legal dan ilegal. Jika perlu cek langsung ke web resmi OJK untuk mengetahui legalitas dari platfrom tersebut.

4. Jangan Buka Sembarang Aplikasi Pinjol

Supaya Anda terhindari dari jeratan utang pinjol ilegal, sebaiknya jangan buka sembarang aplikasi pinjol. Biasanya di sosial media atau lainnya sering kali ditemukan link pinjol yang tidka dikenal.

Jika Anda menemukan atau dikirim link pinjol yang tidak dikenal, sebaiknya dihindari dan jangan digunakan. Pasalnya dari pengalaman banyak nasabah, cara promosi pinjol ilegal dilakukan dengan cara tersebut.

5. Blokir Aplikasi Pinjol ilegal

Berikutnya, jika Anda menemukan pinjol ilegal bisa langsung blokir saja langsung dari ponsel. Pinjol ilegal umumnya beredar di Play Store atau App Store dan bisa ditemukan dengan mudah.

Apabila Anda menemukan aplikasi ilegal dan setelah cek di web OJK ternyata ilegal, blokir saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai tawaran dari platfrom tersebut dan bisa saja aplikasi melacak data Anda, ya!

Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur mengunduh aplikasi pinjol ilegal di Play Store atau App Store? Gak perlu takut, pasalnya jika Anda tidak mengajukan pinjaman dan tidak daftarkan diri, Anda bisa aman.

Demikian informasi seputar tips menghindari pinjol ilegal yang perlu diwaspadai dan jangan sampai Anda terjerat utang. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: