4 Tips Jitu Hapus Data KTP di Pinjol secara Permanen

4 Tips Jitu Hapus Data KTP di Pinjol secara Permanen

tips hapus data ktp di pinjol secara permanen --foto ilmiah

DISWAY JATENG - Bagi kalian yang ingin menghapus data KTP yang ada di aplikasi pinjol agar tidak disalahgunakan, brikut ini ada beberapa tips hapus data KTP di aplikasi pinjol secara permanen yang bisa kalian terapkan. 

Tips hapus data KTP di aplikasi pinjol secara permanen penting untuk diketahui, sebab untuk menjaga keamanan privasi kalian. Apabila tidak segera dihapus dari aplikasi pinjaman online tersebut, maka akan berisiko terjadi penyalahgunaan data yang disebar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Karena itu, jika kalian sudah menggunakan pinjaman online tersebut pastikan untuk melunasi utang terlebih dahulu dan segera hapus data pribadi kalian, dengan mengetahui tips hapus data KTP di aplikasi pinjol secara permanen supaya data kalian tetap aman dan tidak mengalami risiko kerugian. 

Namun, bagaimana sih tips hapus data KTP di aplikasi pinjol secara permanen? Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

BACA JUGA:5 Tips Jitu Hapus Data KTP di Aplikasi Pinjol Tanpa Ganti Kartu SIM yang Aman dan Dijamin Ampuh

Tips Hapus Data KTP di Aplikasi Pinjol Secara Permanen 

1. Minta Bantuan Pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) 

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) merupakan regulator resmi pengawas industri keuangan di Indonesia yang bertugas mengawasi dan mengatur seluruh lembaga keuangan, termasuk pinjaman online.

Untuk mengajukan permohonan penghapusan data pribadi kalian dari akun pinjol ilegal kepada OJK. Kalian bisa menghubungi melalui menu Pengaduan yang tersedia di situs resmi www.ojk.co.id. 

Apabila menemukan informasi atau tawaran investasi dan pinjaman online yang mencurigakan atau diduga ilegal atau memberikan iming-iming imbal hasil/bunga yang tinggi (tidak logis) untuk melaporkannya kepada Kontak OJK. Dengan nomor telepon 157, WA (081157157157), email: [email protected] atau email: [email protected].

2. Menghapus Data dan Aplikasi Pinjol

Tips hapus data KTP di aplikasi pinjol secara permanan lainnya yaitu dengan menghapus data dan menghapus aplikasi pinjaman online. Namun, metode ini tidak cukup efektif untuk melindungi data pribadi sepenuhnya, karena beberapa aplikasi pinjaman online masih menyimpan data nasabah meskipun akun telah dihapus.

BACA JUGA:5 Cara Menghapus Data KTP di Aplikasi Pinjol Tanpa Ganti Kartu SIM Terbaru 2024, Dijamin Ampuh

Dengan cara :

  • Buka menu pengaturan pada ponsel
  • Kemudian, pilih "Pengaturan Aplikasi"
  • Setelah itu, cari aplikasi pinjol yang ingin dihapus dan
  • Pilih "Hapus Data dan Cache". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: