Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol Ilegal, Ampuh untuk Hindari DC Sebar Data

Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol Ilegal, Ampuh untuk Hindari DC Sebar Data

Cara hapus data pribadi di pinjol ilegal-pinterest-

DISWAY JATENG - Berikut cara hapus data pribadi di pinjol ilegal, yang ampuh untuk menghindari DC (debt collector) dari sebaran data pribadi kamu.

Menggunakan pinjaman online yang ilegal sangat berisiko, apalagi jika kamu galbay pinjol tersebut. Selain DC lapangan yang mungkin datang ke rumah, mereka juga bisa mengancam data privasi tersebar ke publik. Untuk itu, kamu harus tahu cara hapus data pribadi di pinjol ilegal.

Pinjol ilegal akan menghalalkan berbagai cara agar nasabahnya bisa membayar utang. Namun, karena bunga yang terlalu tinggi banyak pengguna lebih memilih untuk galbay. Jika kamu terlanjur galbay, segara hapus data pribadi di pinjol ilegal untuk hindari penyebaran data.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan, agar bisa hapus data pribadi di pinjol ilegal. Apa saja itu? Simak artikel di bawah ini sampai tuntas, untuk mengetahui tips dan triknya.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Data Pinjol Tersebar dan Cara Mencegahnya

Dikutip dari chanel Youtube Muhanad Ardin, cara uninstall dan install kembali aplikasi pinjol ini belum diketahui oleh banyak orang. Padahal tips ini mudah untuk dilakukan. Yuk ikuti step by step berikut ini, jangan sampai ada yang terlewatkan!

1. Uninstall aplikasi Pinjol

Karena sebelumnya kamu telah menggunakan aplikasi pinjol, maka secara otomatis data kamu akan tersimpan di aplikasi tersebut. Data yang tersimpan bisa berupa kontak telepon, lokasi, penyimpanan, galeri, riwayat panggilan, dan lain-lain.

Untuk hapus data pribadi di aplikasi pinjol ilegal ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghapus aplikasi pinjol. 

2. Mengubah Nomor Kontak

Berikutnya masuk ke bagian kontak, lakukan backup kontak terlebih dahulu, kamu bisa gunakan memori eksternal untuk membackup-nya.

Setelah semua kontak di backup, ubah satu persatu kontak yang ada di ponsel kamu. Kamu bisa mengubah satu atau dua angka dengan mengacak nomor kontak. Lakukan sampai semua kontak yang ada di perangkat terubah.

Hal ini bertujuan untuk memanipulasi data kontak yang memang sudah tersimpan pada sistem pinjol ilegal. Jika kamu mengubah kontak, maka secara otomatis sistem pinjol akan mengubah data kontak. Data kontak lama yang masuk bisa digantikan oleh data terbaru.

3. Menghapus Riwayat Panggilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: