Adakan Bimbingan Teknis Aplikasi E-BPHTB untuk Operator PPAT di Kabupaten Tegal

Adakan Bimbingan Teknis Aplikasi  E-BPHTB untuk Operator PPAT di Kabupaten Tegal

ANTUSIAS - Operator PPAT dan PPATS serius ikuti bimtek aplikasi E-BPHTB.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Bimbingan teknis aplikasi E-BPHTB dilakukan Bapenda untuk operator PPAT maupun PPATS. Kepala Bapenda Kabupaten Tegal Yosa Affandi didampingi Kabid Pengelolaan Keuangan Daerah Hasto Sasmito menyatakan, bimtek yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari upaya  meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Khususnya dalam pengelolaan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Hal ini sejalan dengan semangat perubahan regulasi tentang tata kelola pajak dan retribusi daerah. Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, pemerintah daerah melalui Bapenda perlu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi tersebut.

BACA JUGA:Try Sutrisno: Tantangan, Pandangan hingga Eksistensi BPIP sebagai Pengawal Ideologi Bangsa

"Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, aplikasi  E-BPHTB yang akan dipelajari dalam bimbingan teknis ini adalah salah satu bentuk inovasi. Yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kecepatan bagi masyarakat (wajib pajak). Dalam melakukan pembayaran BPHTB termasuk bagi PPAT/PPATS.  Melalui aplikasi ini, proses administrasi yang sebelumnya memerlukan waktu dan tenaga lebih banyak. 

BACA JUGA:141 Anak Ikuti Khitanan Masal di Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal

"Dapat disederhanakan sehingga lebih cepat, akurat dan transparan," cetusnya.

Praktisnya pembayaran pajak BPHTB dilakukan terlebih dahulu baru dilakukan validasi setelah dinilai wajar dan nyata untuk memperolah NTPD. Pihaknya berharap dengan adanya bimbingan teknis ini, para peserta dapat memahami dan menguasai penggunaan aplikasi E-BPHTB dengan baik. 

"Kami  juga mendorong agar setelah kegiatan ini, kita semua dapat mensosialisasikan dan mengimplementasikan aplikasi ini. Kepada wajib pajak sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat dan kita semua," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: