10 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Manfaatkan Pinjaman Tanpa Bunga Sepeserpun

10 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Manfaatkan Pinjaman Tanpa Bunga Sepeserpun

cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay --foto msn

4. Cari Sumber Dana Tambahan

Cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay selanjutnya yaitu cari sumber dana tambahan untuk membantu kalian melunasi utang lebih cepat. Ini bisa termasuk menggunakan tabungan darurat, menjual barang yang tidak perlu, atau mencari pendapatan tambahan.

5. Lakukan Pembayaran Tepat Waktu

Setelah kalian memiliki rencana pembayaran, sangat penting untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Ini akan membantu menghindari penumpukan tunggakan dan biaya keterlambatan.

6. Lunasi Utang Secepatnya

Jika ada kesempatan atau sumber dana tambahan yang muncul, pertimbangkan untuk melunasi utang kalian lebih cepat. Dengan melunasi utang, kalian akan menghindari membayar bunga yang lebih banyak.

BACA JUGA:Cara Mudah Melunasi Pinjol Agar Tidak Galbay, Lakukan 7 Tips Cerdas Berikut Ini

7. Konsolidasi (Menjadikan Satu) Utang

Jika kalian memiliki beberapa pinjaman dari berbagai pinjol, pertimbangkan untuk mengkonsolidasikan utang.  Dengan menggabungkan semua utang menjadi satu pinjaman dengan bunga lebih rendah, kalian bisa mengurangi pembayaran bulanan dan lebih mudah mengelola utang.

8. Perpanjang Tenor Pinjaman

Beberapa pinjol mungkin menawarkan opsi perpanjangan tenor pinjaman. Hal ini bisa membantu kalian mengurangi jumlah pembayaran bulanan, meskipun bunga yang harus dibayar mungkin akan bertambah. Pertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk perpanjangan. 

9. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang atau Refinancing

Banyak orang yang terjebak dalam utang berpikir bahwa ini merupakan satu-satunya solusi untuk mengatasi tagihan yang belum terbayar. Namun, sebenarnya langkah ini tidak efektif dan justru bisa merugikan kalian lebih lanjut. 

BACA JUGA:5 Cara Melunasi Pinjol Tepat Waktu Agar tidak Terjerat Utang yang Menumpuk, Berikut Tips Cerdasnya

Hal ini karena jumlah utang kalian akan terus bertambah dengan adanya berbagai tingkat bunga yang berbeda-beda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: