Cara Mudah Mengatasi DC Lapangan Pinjol Datang ke Rumah Terbaru 2024, Ikuti 7 Langkah Cerdas Berikut Ini

Cara Mudah Mengatasi DC Lapangan Pinjol Datang ke Rumah Terbaru 2024, Ikuti 7 Langkah Cerdas Berikut Ini

cara mengatasi dc lapangan pinjol datang ke rumah --foto poskota

DISWAY JATENG - Pengguna pinjol alias pinjaman online khususnya nasabah yang gagal bayar (galbay) jangan khawatir didatangi DC lapangan pinjol ke rumah. Karena, berikut ada beberapa cara mengatasi DC lapangan pinjol datang ke rumah. 

DC lapangan akan mendatangi ke rumah nasabah jika terjadi galbay alias gagal bayar untuk menagih angsuran pinjamannya. Maka dari itu, cara mengatasi DC lapangan pinjol datang ke rumah merupakan solusi terbaik untuk kalian coba. 

Setiap perusahaan pinjol alias pinjaman online memiliki petugas penagih hutang atau Debt Collector (DC) pinjol. Dengan ini, kalian tidak perlu takut sebab ada beberapa cara mengatasi DC lapangan pinjol datang ke rumah jika terjadi galbay. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi DC lapangan pinjol datang ke rumah? Berikut ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan untuk menghadapi DC pinjol yang bar-bar. Yuk simak dibawah ini. 

BACA JUGA:3 Tips Mengatasi DC Lapangan Pinjol yang Datang Ke Rumah, Nasabah Galbay Wajib Tahu

 

1. Tanyakan Identitas, Surat Tugas, dan Sertifikasi Debt Collector

Saat ada debt collector mendatangi rumah, maka debitur harus menanyakan identitasnya terlebih dahulu. Tanyakan juga surat tugas dan sertifikasi resmi dari DC tersebut. Kedua hal tersebut merupakan langkah utama untuk menghindari DC ilegal.

DC yang legal akan memiliki surat tugas resmi dari perusahaan atau dari Lembaga Keuangan terkait. Tak hanya itu, DC juga wajib memiliki Sertifikasi Profesi Penagihan Pembiayaan (SP3). Untuk itu, tanyakan semuanya dan baca dengan teliti isi berkasnya, namun jika DC tersebut tidak memiliki berkas apapun saat menagih utang, maka jangan pedulikan dan abaikan saja.

2. Pastikan Surat Peringatan DC Dilengkapi Sejumlah Informasi Wajib

Berdasarkan POJK Nomor 10/ POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi, jika peminjam wanprestasi maka penyelenggara Pinjol wajib melakukan penagihan kepada peminjam, paling sedikit dengan memberikan surat peringatan sesuai dengan jangka waktu dalam perjanjian pendanaan antara pemberi dana dan peminjam.

BACA JUGA:6 Tips Mengatasi Penagihan Kasar DC Lapangan Pinjol Supaya Terbebas dari Teror atau Ancaman

Surat peringatan wajib memuat paling sedikit informasi berikut ini :

  • Manfaat ekonomi pendanaan (bunga yang harus dibayar)
  • Denda yang terutang
  • Posisi akhir total Pendanaan yang belum dilunasi atau pokok terutang
  • Jumlah hari keterlambatan pembayaran kewajiban.

3. Ikuti Arahan Debt Collector dengan Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: