Kenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14, Jangan sampai Menyesal Setelah Membelinya

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14, Jangan sampai Menyesal Setelah Membelinya

memilih ponsel Samsung Galaxy A14 dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya --

DISWAY JATENG - Samsung Galaxy A14, HP yang diperkenalkan pada bulan Januari 2023 lalu. Setelah satu tahun dirilis, suksesor dari HP samsung ini sudah pula diperkenalkan hadir ke pasar Indonesia.

Spesifikasi Samsung Galaxy A14 cukup canggih dan bisa Anda dapatkan di kisaran harga Rp2,5 jutaan. Harga yang cukup terjangkau, mengingat hp ini punya banyak keunggulan baik di performa, desain, hingga fleksibilitasnya.

Pengguna bisa mengandalkan performa yang hp Samsung Galaxy A14, baik untuk kerja, maupun untuk bermain game. Beratnya yang ringan juga memudahkan Anda untuk membawanya. 

Desainnya yang elegan dan minimalis adalah alasan kenapa HP ini banyak disukai, serta harganya yang  terjangkau membuatnya banyak diminati terutama kalangan anak muda. Pembahasan tentang ponsel ini gak hanya bicara fitur-fiturnya saja, simak kelebihan dan kekurangan di bawah ini.

BACA JUGA: Ada Kode Rahasia HP Samsung A14 5G yang Dirahasiakan Pabrikannya, Buruan Cek Kalau Mau Tahu Artinya

Kelebihan Samsung Galaxy A14

1. Desain Minimalis

Sisi minimalis dari Galaxy A14 dapat Anda jumpai pada penutup belakangnya. Di area tersebut Anda melihat tiga buah lensa kamera sama besar yang ditata secara vertikal tanpa sebuah modul. Lalu bagian tepi dari penutup belakang memiliki bentuk datar alias flat.

Desain yang demikian terlihat mirip seperti flagship Galaxy S22 5G. Di satu sisi, penutup belakang flat memberi kesan elegan. Namun, ada yang berpendapat bahwa bentuk penutup belakang yang flat akan mengurangi rasa nyaman saat ponsel digenggam.

2. Layar yang Luas

Samsung membekali Galaxy A14 dengan layar PLS LCD 6,6 inci. Ukuran layar si ponsel termasuk lebar, cocok untuk kegiatan content consuming seperti menonton video YouTube. Layar dengan rasio 20:9 tersebut memiliki resolusi Full HD+ sehingga tampilannya tajam.

BACA JUGA: Memaksimalkan Kamera Samsung Galaxy A24, HP Sempurna untuk Para Fotografer dan Videografer

Hal yang menarik dari layar Galaxy A14 adalah sudah mengusung fitur refresh rate 90 Hz. Refresh rate 90 Hz membuat pengguna dapat menikmati pengalaman navigasi yang mulus, misalnya saat melakukan scrolling di lini masa media sosial secara cepat.

3. Memiliki Penyimpanan Besar

Memori internal adalah salah satu komponen penting pada sebuah smartphone. Tanpa memori internal, sebuah smartphone tidak bisa menjalankan fungsinya. Komponen yang satu ini menyimpan segala macam data. Mulai dari sistem operasi, aplikasi, game, serta beragam jenis file.

Samsung Galaxy A14 memiliki beberapa varian memori internal dan RAM. Satu varian itu adalah penyimpanan 128 GB berikut RAM 6 GB.Jika penyimpanan 128 GB dirasa masih kurang, Anda bisa memperbesar ruang simpan si ponsel. Pasalnya, Galaxy A14 masih memiliki slot microSD.

BACA JUGA: Hp Samsung Galaxy A34 5G, Performa Gesit, Layar Super Mulus yang Harganya Terjangkau

4. Kamera Jernih

Samsung Galaxy A14 mempunya tiga kamera belakang. Sayangnya, hanya satu yang fungsinya optimal. Adalah kamera utama autofokus 50 MP dengan bukaan f/1.8. Dua kamera lainnya yakni kamera makro dan sensor kedalaman. Keduanya memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Tiga kamera belakang tersebut ditemani satu lampu flash. Balik ke sisi depan, terdapat satu kamera selfie fixed focus 13 MP yang bukaannya f/2.0. Adapun baik kamera utama maupun kamera selfie Galaxy A14 mampu merekam video dengan resolusi hingga 1080p 30 fps.

5. Memiliki Baterai Besar

Baterai berkapasitas 5000 mAh mengisi bagian dalam bodi Samsung Galaxy A14. Kapasitas yang cukup besar dan lazim untuk smartphone masa kini. Dengan baterai sebesar itu, Galaxy A14 dirancang agar bisa menemani penggunanya selama sehari penuh.

BACA JUGA: 7 Tips Membeli HP Samsung yang Sesuai Kebutuhan Kamu, Cek Sekarang Sebelum Menyesal!

Kekurangan 

1. Bobot yang Berat

Samsung telah menciptakan desain yang tidak hanya estetis tetapi juga memberikan kestabilan saat digenggam untuk Galaxy A14. Tidak hanya sekadar menarik secara visual, perangkat ini menawarkan pengalaman pegangan yang kokoh, dengan tombol-tombol yang memberikan respons yang jelas dan penutup belakang yang efektif.

Meskipun begitu, ada satu aspek yang perlu diakui, yaitu ketebalan dan berat tubuh Galaxy A14. Dalam perbandingan dengan pendahulunya, Galaxy A13, perangkat ini memiliki ketebalan yang meningkat sebesar 0,03 mm dan berat tambahan sebanyak 10 gram.

Dimensi keseluruhan Galaxy A14 mencapai 167,7 x 78 x 9,1 mm dengan bobot mencapai 205 gram. Keberatan di atas 200 gram bisa membuat setiap ponsel terasa cukup berat, dan bagi mereka yang terbiasa dengan perangkat yang lebih ringan, mungkin perlu menyesuaikan diri saat beralih ke Galaxy A14.

BACA JUGA: Samsung A14, Hp Samsung Termurah yang Dilengkapi Spesifikasi Gahar dan Kamera Menawan

2. Tidak Memiliki Kamera Ultra-wide

Kualitas tangkapan kamera utama dan selfie Galaxy A14 5G sangat baik, cocok untuk berbagi momen di media sosial. Meskipun hasil video juga memuaskan, perlu dicatat bahwa tidak ada kamera pendamping untuk kamera utama, seperti kamera makro dan sensor kedalaman.

Namun, kehadiran kamera ultrawide dianggap lebih penting, mengingat kamera makro jarang digunakan secara umum dan efek bokeh dapat dihasilkan secara optimal oleh teknologi AI pada smartphone modern, sehingga sensor kedalaman tidak lagi dianggap esensial.

Dengan melihat kelibihan dan kekurangan Samsung Galaxy A14 yang disway jateng sampaikan. semoga bisa membantu anda memilih ponsel yang ingin anda beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: