Ketahui Cara Mudah Hapus Data di Pinjol Ilegal Paling Efektif, Berikut Risiko yang Harus Dipahami

Ketahui Cara Mudah Hapus Data di Pinjol Ilegal Paling Efektif, Berikut Risiko yang Harus Dipahami

cara hapus data di pinjol ilegal --foto youtobe

DISWAY JATENG - Ketika dalam situasi darurat dan memerlukan dana cepat, banyak orang akhirnya memutuskan untuk pinjam dana di aplikasi pinjaman online. Namun, perlu juga untuk mengetahui cara hapus data di pinjol ilegal

Pasalnya, tidak semua pinjol itu resmi dan mendapat izin operasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ketika terjerumus dalam pinjol ilegal, maka akan mengalami risiko kerugian kedepannya. Karena itu, kalian perlu tahu cara hapus data di pinjol ilegal agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Hal ini lantaran pinjol ilegal menetapkan bunga yang cukup tinggi. Tak hanya itu, pinjol ilegal berpotensi berujung pada pelanggaran hukum seperti penipuan, pencurian data pribadi, hingga penagihan secara kasar. Maka untuk mencegah hal tersebut, kalian bisa melakukan cara hapus data di pinjol ilegal supaya tetap aman. 

Karena itu, penting bagi pengguna pinjaman ilegal untuk mengetahui cara hapus data di pinjol ilegal yang tidak resmi dan belum terdaftar di OJK, sehingga kalian tetap perlu waspada untuk menghindari risiko di kemudian hari. 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi? Berikut 6 Solusi Cerdas yang Bisa Dicoba

Cara Hapus Data di Pinjol Ilegal

1. Lunasi Pinjaman

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu melunasi pinjaman yang dimiliki. Ketika pinjaman lunas dan kalian tidak mengajukan pinjaman baru, penyedia jasa pinjol tidak akan menghubungi lagi dan pada akhirnya data kalian akan terhapus.

Dalam hal pembayaran tagihan di pinjol ilegal ini memang terjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Sebagian menganggap hutang di pinjol ilegal tidak perlu dibayar.

Alasannya, pinjol tersebut tidak berizin sehingga mereka tidak bisa menempuh jalur hukum untuk menagih hutang. Bahkan ketika jalur hukum ditempuh, yang ada malah platform mereka bakal ditutup.

Maka sebagai bentuk tanggung jawab, sebaiknya tetap melunasi pinjaman tersebut, lalu berhenti dan tidak mengajukan pinjaman lagi.

2. Hapus Akun dan Uninstall Aplikasi

Cara hapus data di pinjol ilegal selanjutnya yaitu penghapusan data bisa dilakukan dengan cara menghapus akun di platform pinjol ilegal. Caranya sama seperti hapus akun di aplikasi lain, yaitu:

  • Buka aplikasi pinjol
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting
  • Cari opsi “Hapus Akun”
  • Ikuti langkah sesuai panduan
  • Konfirmasi keinginan untuk hapus akun
  • Akun di aplikasi sudah terhapus. 

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini 8 Cara Ampuh Mengatasi Pinjol Ilegal saat Galbay, Tak Perlu Resah Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: