Berusia 73 Tahun, IBI Semakin Matang dan Banyak Pengalaman

Berusia 73 Tahun, IBI Semakin Matang dan Banyak Pengalaman

BAKTI SOSIAL - Sejumlah bidan di Kabupaten Tegal saat menggelar bakti sosial dalam rangka HUT ke-73 IBI.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Tepat pada 24 Juni 2024 mendatang, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) genap berusia 73 tahun. Di usianya yang sudah senja itu, IBI semakin matang dan banyak pengalaman yang sudah dilalui sebagai organisasi profesi.

Ketua IBI Kabupaten Tegal R Siti Iva Rifda Chomsiyah SST MM Bdn mengatakan, pengalaman adalah kekayaan untuk menyongsong masa depan yang penuh tantangan. Salah satunya, bagaimana IBI berperan aktif dalam sistem Transformasi Bidang Kesehatan. Konsolidasi kedalam dan advokasi kesemua stakeholders terkait untuk penguatan profesi.

Kiprah IBI di tingkat global juga menjadi hal penting agar pengembangan keprofesian serta upaya menghadirkan pelayanan yang berkualitas bagi perempuan di Indonesia senantiasa sejalan dengan perkembangan keilmuan di tingkat global. 

BACA JUGA:Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Minta Larangan Study Tour Dikaji Ulang

Siti Iva menjelaskan, IBI adalah organisasi profesi bidan dan organisasi sosial masyarakat yang merupakan wadah berhimpunnya bidan seluruh Indonesia. IBI berdiri pada 24 Juni 1951 di Jakarta. 

Di tahun yang sama, IBI menjadi anggota Kongres Wanita Indonesia (KOWANI). Dan lima tahun kemudian (1956) menjadi anggota International Confederation of Midwives (ICM). 

Memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku tentang Organisasi Kemasyarakatan di Indonesia, pada tahun 1985 IBI telah melaksanakan daftar ulang selaku Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kementerian Dalam Negeri.

IBI telah berkembang dengan baik, hal ini ditandai dengan adanya 34 Pengurus Daerah (tingkat provinsi), 514 Pengurus Cabang (tingkat kabupaten/kota) dan5.118 Pengurus Ranting (tingkat kecamatan/unit pelayanan/pendidikan).

BACA JUGA:Minimalisir Tawuran, Komisi II DPRD Kabupaten Tegal Dorong Liga Futsal Pelajar

Anggota IBI yang terdaftar (yang telah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) sebanyak 394.852 Orang (data IBI Maret 2024).

Sedangkan jumlah bidan yang memiliki STR tercatat di Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) yaitu 414.784 orang (Maret 2024), dengan diantaranya sebanyak 342.714 orang telah beralih ke STR Seumur Hidup (KTKI, Maret 2024).

Sejalan dengan perkembangan tersebut, maka peringatan HUT IBI ke-73 dan IDM tahun 2024 ini diselenggarakan melalui serangkaian kegiatan di tingkat pusat dan daerah. Termasuk digelar di Kabupaten Tegal.

"Kita juga menggelar kegiatan seminar Nasional," ujar Siti.

Dalam kegiatan tersebut, Siti mengaku bahwa IBI mengusung tema tentang Peran Bidan dalam Penguatan Sistem Ketahanan Nasional Pada Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: