Hindari Jeratan Pinjol Ilegal, Kamu Wajib Simak Tips-Tips Jitu ini

Hindari Jeratan Pinjol Ilegal, Kamu Wajib Simak Tips-Tips Jitu ini

Hindari Jeratan Pinjol Ilegal! Simak Tips-Tips Jitu ini Buat Kamu!--Tangkap Layar dari website canva

DISWAY JATENG - Di era digital ini, pinjol memang menjadi solusi praktis untuk mengatasi kebutuhan keuangan darurat. Namun, anda perlu tahu cara hindari jeratan pinjol ilegal.

Dengan banyaknya kemunculan pinjaman online atau pinjol yang menawarkan solusi keuangan praktis dan cepat. Hanya saja, kemudahan yang ditawarkan patut diwaspadi. Anda harus tahu cara hindari jeratan pinjol ilegal.

Kalian perlu tetap hati-hati ya guys! Karena tak sedikit pinjol ilegal yang berkeliaran, siap menjerat kamu dengan bunga tinggi dan praktik penagihan yang gak banget. Tips hindari jerat pinjol ilegal harus anda ketahui.

Eits, kalian ga perlu panik dulu! Karena Disway Jateng kali ini akan membahas tips jitu biar kamu hindari jeratan pinjol ilegal. Yuk, simak selengkapnya!

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini 8 Cara Ampuh Mengatasi Pinjol Ilegal saat Galbay, Tak Perlu Resah Lagi

Ciri-Ciri Pinjol Ilegal yang Wajib Kamu Waspadai

Sebelum kita membahas tips-tipsnya, kita perlu kenali dulu ciri-ciri pinjol ilegal seperti yang berikut ini:

  1. Tidak terdaftar di OJK: Pastikan pinjol yang kamu pilih terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa cek daftarnya di website resmi OJK.
  2. Proses pengajuan mudah dan cepat: Pinjol ilegal biasanya menawarkan proses pengajuan yang sangat mudah, bahkan tanpa verifikasi data yang jelas.
  3. Bunga dan denda tinggi: Pinjol ilegal umumnya mengenakan bunga dan denda yang sangat tinggi, bahkan melebihi batas yang ditentukan oleh OJK.
  4. Penagihan debt collector yang kasar: Debt collector pinjol ilegal kerap menggunakan cara-cara kasar dan tidak profesional dalam menagih pinjaman.
  5. Meminta akses data pribadi berlebihan: Pinjol ilegal biasanya meminta akses ke data pribadi kamu yang berlebihan, seperti foto galeri, kontak, dan pesan SMS.

BACA JUGA:Tips Jitu Memilih Pinjaman Online yang Aman, agar Terhindar dari Jeratan Pinjol Ilegal yang Mencekik Leher

Tips Jitu Hindari Jeratan Pinjol Ilegal

Nah, biar kamu bisa melakukan pinjaman online yang aman, ikuti tips jitu berikut ini:

1. Cek Legalitas Pinjol

Pastikan pinjol yang kamu pilih terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kamu bisa cek daftarnya di website resmi OJK.

2. Pahami Syarat dan Ketentuan

Baca dengan cermat syarat dan ketentuan sebelum kamu mengajukan pinjaman. Pastikan kamu paham semua biaya dan denda yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: