9 Tips Menghindari Galbay Pinjol, Utang Lunas Hidup Tenang dan Bebas

9 Tips Menghindari Galbay Pinjol, Utang Lunas Hidup Tenang dan Bebas

9 Tips Menghindari Galbay Pinjol--

Cara menghindari galbay pinjol selanjutnya adalah membuat rencana pembayaran. Setelah berhasil mendapat pinjaman, buat rencana pembayaran yang jelas. Tentukan tanggal jatuh tempo dan sisihkan dana setiap bulan untuk membayar cicilan. Prioritaskan pembayaran pinjaman agar tidak terkena denda keterlambatan.

5. Hitung kemampuan bayar

Sebelum mengambil pinjaman, hitung dengan cermat berapa jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Pastikan itu sesuai dengan kemampuan finansial kamu. 

Idealnya, total cicilan utang tidak boleh melebihi 30% dari pendapatan bulanan, agar cicilan yang dibayarkan tidak memberatkan kamu dimasa mendatang.

BACA JUGA:4 Cara Mendapatkan Pinjaman Limit Tinggi di Pinjol, Teliti Sebelum Teken Aplikasinya

6. Evaluasi kebutuhan pinjaman

Pertimbangkan kembali jika kamu ingin mengajukan pinjol. Pastikan kebutuhan tersebut benar-benar mendesak yang tidak bisa ditunda. Pinjol sebaiknya digunakan untuk kebutuhan yang sangat penting, bukan untuk kebutuhan konsumtif atau gaya hidup. Hal ini juga untuk menghindari galbay pinjol.

7. Cari pendapatan tambahan

Jika memungkinkan, cari sumber pendapatan tambahan untuk membantu melunasi pinjaman. Bisa dengan mengambil pekerjaan paruh waktu, menjual barang yang tidak terpakai di rumah, atau menawarkan jasa lain dengan keahlian yang kamu punya. 

8. Hindari meminjam untuk membayar utang

Hindari gali lobang tutup lobang, yakni mengambil pinjaman baru hanya untuk membayar pinjaman lama. Ini hanya akan menambah beban utang dan membuat kamu makin sulit keluar dari jerat utang pinjol. 

Jangan ajukan pinjaman lagi, selagi kamu masih punya cicilan yang harus dibayarkan.

9. Manfaatkan fitur pengingat

Tips untuk menghindari galbay pinjol berikutnya adalah menggunakan fitur pengingat yang disediakan oleh aplikasi pinjol atau atur pengingat sendiri di ponsel. Fitur ini dapat membantu kamu untuk tidak lupa membayar cicilan tepat waktu.

BACA JUGA:8 Tips Memilih Pinjol yang Baik dan Benar, Dijamin Langsung ACC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: