9 Tips Menghindari Galbay Pinjol, Utang Lunas Hidup Tenang dan Bebas

9 Tips Menghindari Galbay Pinjol, Utang Lunas Hidup Tenang dan Bebas

9 Tips Menghindari Galbay Pinjol--

DISWAY JATENG - Pinjol (pinjaman online) menjadi solusi cepat bagi banyak orang yang membutuhkan dana mendesak. Namun, penggunaan yang tidak bijak dapat membawa pada masalah serius, seperti gagal bayar atau galbay. Untuk menghidari galbay pinjol dibutuhkan tips yang ampuh.

Lantas, bagaimana cara menhindari galbay pinjol? Galbay adalah situasi dimana debitur (Peminjam) tidak dapat membayar utang kepada kreditur (pemberi pinjaman). Dalam situasi ini kamu akan didatangi oleh debt collector atau DC lapangan. Bahkan yang lebih buruknya lagi kamu bisa diteror.

Akibat dari galbay pinjol memang sangat merugikan, denda dan bunga akan terus meningkat jika tidak dibayarkan, resiko tersebarnya data pribadi, riwayat BI checking buruk, penagihan kasar, dan lain-lain. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus menghindari galbay pinjol.

BACA JUGA:Tips Minta Keringanan Utang Pinjol, Jangan Abaikan 10 Poin Penting ini

Nah, berikut telah kami sediakan artikel tentang bagaimana cara menghindari galbay pinjol, agar kamu terbebas dari utang dan menjalani hidup jadi lebih tenang.

1. Menggunakan pinjol legal yang terdaftar di OJK

Syarat yang pertama untuk menghindari galbay pinjol adalah, dengan memakai pinjaman yang terjamin legalitasnya seperti pinjol legal yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa keuangan). Pastikan terlebih dahulu bahwa pinjol yang kamu pakai mengantongi izin dari OJK.

Kamu bisa mengecek sendiri di situs website resmi OJK, melalui “ https://www.ojk.go.id/ “. Disini akan terlihat daftar nama perusahaan fintech yang termasuk pinjol legal dan pinjol ilegal.

2. Pahami syarat dan ketentuan yang berlaku

Sebelum mengajukan pinjaman online, ada baiknya kamu memahami betul syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Baca dengan seksama aturan yang ditetapkan pinjol tersebut, terutama tentang suku bunga yang ditawarkan, denda keterlambatan, tenor atau jangka waktu pinjaman, seluruh rincian pembayaran, dan biaya administrasi lainnya jika ada.

3. Rajin cek aplikasi pinjol

Setalah mengajukan pinjaman, disarankan untuk rajin cek aplikasi pinjol yang kamu gunakan. Hal ini untuk memantau informasi terkini, bila mana ada perubahan aturan mengenai jumlah pinjaman, tanggal jatuh tempo, serta jumlah cicilan yang harus dilunasi.

4. Buat rencana pembayaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: