6 Tips Meningkatkan Performa HP, Bye-bye Lemot!

6 Tips Meningkatkan Performa HP, Bye-bye Lemot!

Membersihkan cache secara rutin dapat membantu meningkatkan performa HP ANDROID Anda.--sumber gambar: Artikel Rumah123.com

DISWAY JATENG- Pengguna HP Android seringkali mengalami masalah performa HP, mulai dari mengalami crash, hingga freeze yang menyebabkan layar HP lag. Penyebab utama penurunan performa HP terjadi karena umur HP yang sudah cukup lama, sehingga perlu meningkatkan performa HP.

Meningkatkan performa HP dapat dilakukan dengan berbagai tips berikut agar HP terasa masih baru, performa yang diberikan cepat dan mumpuni. Penyebab lain yang dapat menurunkan performa HP Android seperti kapasitas penyimpanan yang sudah penuh.

Seperti file yang didalamnya berupa foto, video, dokumen, dan lain sebagainya yang telah memenuhi kapasitas penyimpanan HP Anda. Untuk itu, file yang sekiranya sudah tidak digunakan dihapus ataupun dibuang agar dapat meningkatkan performa HP kembali.

Terdapat banyak alternatif meningkatkan performa HP, misalnya membersihkan penyimpanan HP dengan menggunakan aplikasi pembersih HP untuk membantu. Berikut beberapa tipsnya, yuk disimak!

BACA JUGA:10 Cara Merawat Baterai Hp Android, Tips Efektif agar Baterai Tahan Lama

1. Update OS

Meningkatkan performa HP Android dapat dilakukan dengan cara meningkatkan versi OS Android, yang akan memberikan tampilan baru dibandingkan sebelumnya.

2. Bersihkan Home Screen

Home screen atau layar utama HP dapat menjadi penyebab adanya masalah penurunan HP, yang sering digunakan jalan pintas aplikasi. Hal ini menjadi faktor utama penurunan performa ketika banyaknya aplikasi yang sedang maupun aplikasi yang baru digunakan.

Disarankan agar Anda memasang aplikasi yang sekiranya penting atau pasti untuk digunakan dalam jangka waktu yang dekat. Karena jika terdapat penggunaan aplikasi yang berkepanjangan di layar belakang dapat mengakibatkan performa HP menurun.

BACA JUGA:10 Cara Merawat Baterai Hp Android, Tips Efektif agar Baterai Tahan Lama

3. Hapus atau Matikan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Menyalakan aplikasi yang tidak terpakai di latar belakang tentu dapat menjadi penyebab lain dari penurunan performa HP. Jika hal tersebut dilakukan dapat memenuhi ruang pemrosesan di HP yang dapat mempengaruhi atau membebani kinerja HP Anda. 

Anda juga bisa mematikan dan jangan menggunakan aplikasi yang sekiranya Anda inginkan untuk meminimalisisr adanya penurunan performa HP. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan (setting) dan cari aplikasi yang dituju, kemudian tekan tombol dan pilih disable.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: