9 Tips Mengisi Daya Ponsel agar Performa Gadgetmu Tetap Awet dan Gesit

9 Tips Mengisi Daya Ponsel agar Performa Gadgetmu Tetap Awet dan Gesit

9 Tips Mengisi Daya Ponsel Agar Performa Gadgetmu Tetap Awet dan Gesit--

Pengecas palsu atau "aspal" sering kali tidak memiliki perlindungan terhadap lonjakan daya dan dapat merusak ponsel. Selain itu, pengecas palsu cenderung tidak efisien dan dapat mempercepat kerusakan baterai.

Mengisi Daya di Tempat Umum

Mengisi daya ponsel di tempat umum seperti kafe atau bandara dapat berisiko. Selain risiko kerusakan akibat voltase yang tidak sesuai, ada ancaman pembajakan data melalui port USB. 

Port publik bisa menjadi sarana bagi pelaku kejahatan untuk mencuri data pribadi Anda. Sebaiknya, hindari menggunakan port USB publik dan bawa powerbank sendiri saat bepergian.

BACA JUGA:Baterai Badak Hp Infinix Keluaran Terbaru, Desain Menarik di Segmen Terjangkau

Powerbank yang Tepat

Saat memilih powerbank, pastikan daya yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan ponsel Anda. Kebanyakan ponsel pintar modern menggunakan daya 2,1 ampere, dan powerbank yang baik biasanya memiliki daya antara 2,1 hingga 2,4 ampere. Menggunakan powerbank dengan spesifikasi yang tepat akan lebih aman dan efisien.

Mencegah Overheating Saat Mengecas

Saat mengisi daya ponsel, pastikan ponsel Anda tidak terlalu panas. Panas berlebih dapat membuat pengisian daya kurang efektif dan merusak baterai. Hindari meletakkan ponsel di tempat yang panas atau menggunakan casing yang memerangkap panas selama pengecasan. Jika memungkinkan, lepas casing untuk membantu sirkulasi udara yang lebih baik.

Menggunakan Aplikasi Penghemat Daya

Banyak pengguna ponsel menggunakan aplikasi penghemat daya untuk memperpanjang masa pakai baterai. Sayangnya, sebagian besar aplikasi ini justru memboroskan energi dengan menutup aplikasi lain secara agresif. 

Aplikasi ini sering kali memproses fitur-fitur yang sebenarnya tidak banyak menguras baterai, seperti GPS atau musik latar. Sebagai gantinya, Anda bisa membatasi aplikasi background langsung dari pengaturan ponsel.

Mengecas Semalaman

Mengisi daya ponsel semalaman adalah kebiasaan yang umum. Meski banyak ponsel modern dilengkapi dengan fitur yang menghentikan pengisian saat penuh, namun ketika daya berkurang sedikit, pengisian akan dimulai lagi. Siklus pengisian kecil ini dapat memperpendek umur baterai. 

Selain itu, ada risiko kebakaran jika pengecas yang digunakan rusak. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya cabut pengecas setelah daya penuh atau gunakan timer untuk mematikan pengisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: