Segini Denda Keterlambatan Shopee Paylater dan 4 Resiko Jika Telat Membayar Cicilan

Segini Denda Keterlambatan Shopee Paylater dan 4 Resiko Jika Telat Membayar Cicilan

Resiko tekat membayar shopee paylater -gridframe-

DISWAYJATENG - Tersedianya layanan Shopee PayLater sangat membantu yang ingin membeli barang atau produk dengan metode Paylater atau bayar nanti. Tetapi, apakah kamu tahu berapa denda keterlambatan Shopee Paylater?

Walaupun hal ini memudahkan kamu dalam berbelanja, sayangnya beberapa pengguna lain yang telat membayar tagihan ternyata tidak tahu berapa denda keterlambatan Shopee Paylater.

Layanan Shopee PayLater ini banyak sekali di manfaatkan oleh orang-orang untuk memenuhi keinginan belanja online. Di samping itu, pengguna wajib tahu berapa rincian denda keterlambatan Shopee PayLater.

Meski menggunakan metode dicicil atau kredit, denda keterlambatan Shopee Paylater juga kamu harus mengetahuinya, sebab, dengan mengetahui syarat dan ketentuan layanan Shopee Paylater, kamu dapat melakukan pembelian dengan aman tanpa rasa khawatir.

BACA JUGA:4 Cara Menaikan Limit Spinjam, Bisa Naik Sampai Batas Maksimum 15 Juta

Berapa Denda dan apa saja resiko jika terlambat Shopee PayLater?

Pihak Shopee memberlakukan denda keterlambatan Shopee Paylater atau sanksi dengan tujuan agar kamu yang menggunakan Shopee PayLater bertanggung jawab dan disiplin untuk mencicil tagihan pembayaran. Selain denda dalam bentuk biaya, kamu yang melanggar pun akan dijatuhi sanksi lain berkaitan dengan batasan aktivitas di Shopee.

Kamu pasti familiar dengan layanan Shopee PayLater yang memudahkan kita berbelanja dulu, bayar kemudian. Nah, layanan ini memang sangat membantu ketika kamu sedang kekurangan dana, tapi kamu harus ingat untuk membayar cicilannya tepat waktu. Kalau telat membayar, ada beberapa konsekuensi yang bakal kamu hadapi:

BACA JUGA:Rekomendasi Pinjol Limit Tinggi dari Spinjam, Simak Ini Cara Pengajuannya Agar Cepat Acc

1. Dikenakan Denda Keterlambatan

Pertama, kamu akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 5% dari total tagihan yang harus kamu bayar. Misalnya, total tagihanmu Rp 500.000, jika telat membayar, kamu harus membayar Rp 525.000. Lumayan mencekik kantong, kan? Denda ini berlaku meskipun kamu hanya telat sehari saja dari tanggal jatuh tempo.

2. Pembatasan Akses Fitur dan Voucher

Kedua, akses kamu ke beberapa fitur di aplikasi Shopee akan dibatasi. Kamu juga tidak bisa menggunakan voucher Shopee selama belum melunasi tagihan. Jadi, kamu tidak bisa berbelanja dengan promo-promo menarik dari Shopee.

BACA JUGA:Cari Pinjaman Online Limit Tinggi? Spinjam Ada Limit Sampai 12 Juta, Begini 10 Cara Daftarnya Agar di ACC

3. Peringkat Kredit Terpengaruh

Ketiga, dan ini yang paling menakutkan, peringkat kreditmu di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK akan terpengaruh. Peringkat kredit yang buruk bisa menyulitkanmu untuk mendapat pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lain di masa depan.

4. Penagihan Melalui Telepon atau Lapangan

Terakhir, jika kamu terus mengabaikan tagihan, pihak Shopee PayLater akan melakukan penagihan melalui telepon atau bahkan penagihan lapangan. Bayangin saja, ada petugas yang datang ke rumahmu hanya untuk menagih utang belanja online. Sangat tidak enak dan memalukan, bukan?

Mencegah Keterlambatan Pembayaran

Nah, untuk menghindari hal-hal di atas, pastikan kamu selalu membayar cicilan Shopee PayLater tepat waktu. Sejak awal, kamu sudah bisa memilih jangka waktu cicilan yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu, misalnya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Kamu juga bisa memilih tanggal jatuh tempo cicilan, apakah tanggal 5 atau 25 setiap bulannya.

Legalitas Shopee PayLater

Oh iya, layanan Shopee PayLater ini diselenggarakan oleh PT Commerce Finance dan diawasi oleh OJK, jadi kamu tidak perlu khawatir soal legalitasnya.

Sekian informasi dari kita tentang konsekuensi denda keterlambatan Shopee PayLater. Hal yang harus kamu ingat sekali lagi adalah, bayarlah cicilan atau kredit tepat waktu, selain untuk mencegah denda keterlambatan, jika kamu membayar tepat waktu, limit Paylater Shopee kamu berpotensi besar untuk bertambah.

Semoga kamu bisa lebih bijak dalam memanfaatkan layanan ini dan selalu membayar tepat waktu. Selamat berbelanja!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: