Orientasi TPK Perkuat Keterlibatan Masyarakat Kabupaten Pemalang

Orientasi TPK Perkuat Keterlibatan Masyarakat Kabupaten Pemalang

Orientasi TPK - Peserta orientasi TPK di Kecamatan Pulosari mengikuti orientasi di balai Desa Clekatakan.Foto:Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) dilaksanakan di Desa Clekatakan Kecamatan, Pulosari.  Sebagai upaya untuk memperkuat keterlibatan masyarakat, dalam mendukung program program pembangunan di tingkat desa.  Orientasi diadakan selama 2 hari, dengan peserta dari delegasi Desa Pagenteran, Siremeng dan Batursari, Kecamatan Pulosari. 

Tutus, penyuluh KB Kecamatan Pulosari mengatakan, peran TPK sangat penting dalam membantu keluarga keluarga di tingkat desa untuk meningkatkan kesejahteraan. 

"TPK punya peran strategis menghubungkan pemerintah desa dan masyarakat," katanya. 

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Adakan Rakor Terpadu Pesta Rakyat Slawi Ageng

Sehingga sinergi antara program pembangunan dan kebutuhan riil masyarakat bisa terwujud. Selama orientasi, peserta dibekali dengan pemahaman tentang peran dan tanggung jawab TPK dalam mendampingi keluarga-keluarga di desa.

"Materi pelatihan meliputi manajemen pendampingan keluarga, keterampilan komunikasi. Serta optimalisasi aplikasi Elsimil," tambahnya. 

Kepala Desa Clekatakan Sutrisno mengatakan, dirinya sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Karena saya percaya bahwa dengan menjadi bagian dari TPK, dapat berkontribusi secara nyata dalam pembangunan desa kami.

BACA JUGA:Disperintransnaker Kabupaten Tegal Edukasi Sinergitas Serikat Pekerja Perusahaan

Muhajir, Koordinator lapangan KB Kecamatan Pulosari menyatakan, apresiasi terhadap antusias dan semangat kerja para peserta. 

"Dengan keterampilan dan pengetahuan baru yang didapatkan, TPK mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi pembangunan desa yang lebih baik," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: