Produksi Kue Khas Lebaran Mengalami Peningkatan

Produksi Kue Khas Lebaran Mengalami Peningkatan

MENINGKAT - Aneka kue lebaran sedang dikemas untuk penuhi pesanan pelanggan.Foto:Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Aneka kue lebaran mejeng Hari Raya Idul Fitri mengalami peningkatan. Pesanan dibuka sejak awal puasa dan akan diambil atau dikirim sebelum Lebaran untuk hidangan serta oleh-oleh. 

Nurjanah, pembuat kue lebaran di RT 06 RE 02 Desa Pedagung, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang mengatakan, produksi dilakukan sejak awal puasa. Hal itu karena pesanan kue Lebaran yang cukup banyak, baik perorangan, pertokoan atau reseller.

"Produksi meningkat tajam, meskipun usaha rumahan akan tetapi banyak peminat dan laris," katanya.

Kue yang dibuat merupakan kue khas Lebaran. Seperti nastar dengan berbagai jenis varian, kue kacang, putri salju, kacang bawang dan sebagainya. Saat ini kue kering jadi primadona dan paling banyak dipesan karena bisa tahan lama, namun tanpa bahan pengawet. 

"Seperti nastar, setiap hari produksi karena kue tersebut paling banyak dipesan secara online," tambahnya. 

Setiap hari produksi sekitar 2 kilogram kue, namun bisa bertambah jika memungkinkan. Produksi kue masih manual dan tidak semuanya menggunakan mesin serta keterbatasan tenaga. Sehingga tidak bisa dalam jumlah yang begitu banyak, meskipun pesanan terus menumpuk. 

"Kue kering khas Lebaran harus ada di rumah, untuk hidangan keluarga, saudara, teman dan tetangga yang berkunjung ke rumah," ujar Indah salah satu pelanggan kue.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: