Tips Ampuh Agar Terhindar dari Pinjol Ilegal Cepat Cair, Berikut Risikonya Jika sampai Terjerat

Tips Ampuh Agar Terhindar dari Pinjol Ilegal Cepat Cair, Berikut Risikonya Jika sampai Terjerat

tips terhindar pinjol ilegal cepat cair--foto tribunsumbar

DISWAY JATENG - Pinjol ilegal biasanya menawarkan pinjaman melalui aplikasi Whatsapp (WA) atau SMS dan meminta data berlebihan kepada nasabah, untuk mengajukan pinjaman. Karena itu, kalian perlu menghindari pinjol ilegal cepat cair ini.

Pinjaman online (Pinjol) ilegal masih banyak memberi tawaran kepada masyarakat. Keberadaannya belum memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, penting diingat bahwa kalian harus tetap waspada agar terhindar dari pinjol ilegal yang cepat cair.

Karena, sebelum melakukan aktivitas pinjol alias pinjaman online, nasabah wajib menyerahkan identitas pribadi seperti KTP yang merupakan syarat utama yang harus dipenuhi baik itu pinjol legal maupun pinjol ilegal. Untuk menghindari risiko penyebaran data pribadi, maka kalian harus menghindari pinjol ilegal cepat cair tersebut.

BACA JUGA: Daftar Pinjol Ilegal Tanpa DC Lapangan dan Tips untuk Menghindarinya, Berikut Risiko yang Perlu Kamu Tahu

Bila kalian menemukan aplikasi seperti itu, jangan coba-coba untuk melakukan pinjaman. Karena ketika kalian sebagai nasabah melakukan gagal bayar (galbay) kemungkinan terbesar data pribadi milik kalian akan tersebar yang mengakibatkan kebocoran data. Maka kalian harus menghindari pinjol ilegal yang cepat cair ini agar data kalian tetap aman. 

Kemungkinan, aplikasi tersebut dibuat untuk memanfaatkan informasi data pribadi seseorang untuk mencari keuntungan pribadi dengan kedok sebagai pinjol alias pinjaman online. Hingga pinjaman kalian mungkin tidak akan dicairkan.

Hal ini akan berdampak lebih ketika kalian sudah melampirkan nomor rekening dengan tujuan pencairan. Karena, tidak ada mekanisme yang memastikan untuk mengatur pencairan tersebut.

Sehingga dapat menimbulkan masalah seperti penipuan yang mengatasnamakan kalian. Maka dari itu, kalian harus berhati-hati jika ingin meminjam di salah satu aplikasi pinjol ilegal.

BACA JUGA: 4 Cara Agar Tidak Terjebak Pinjol Ilegal yang Perlu Diwaspadai Sebelum Mengajukan Pinjaman

Jangan sampai kalian tertipu dengan mekanisme baik yang ditawarkan diawal sehingga kalian tergiur yang kemudian malah menjadi malapetaka sendiri.

Berbeda jika kalian menggunakan aplikasi pinjol legal maka akan jauh lebih aman. Sebelum melakukan pinjaman, kalian dapat menganalisis secara mendalam apakah pinjaman online yang ingin kalian gunakan legal atau ilegal.

Tips agar terhindar dari pinjol ilegal cepat cair

1. Jangan Tergoda Penawaran

Pinjaman online atau pinjol ilegal biasanya akan menawarkan pinjaman dengan melebih-lebihkan kata. misal, cair cepat atau limit pinjaman besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: