Dikiran Aman, Begini Penagihan Pinjol Tanpa DC Lapangan yang Perlu Diwaspadai

Dikiran Aman, Begini Penagihan Pinjol Tanpa DC Lapangan yang Perlu Diwaspadai

Dikira aman, begini penagihan pinjol tanpa DC lapangan--

DISWAY JATENG - penagihan pinjaman online saat ini menjadi fenomena yang umum terjadi di kalangan pengguna pinjol. Penagihan pinjol tanpa DC lapangan apakah aman dan benar-benar tak beri ancaman?

Seperti yang diketahui, saat ini perusahaan pinjol banyak menggunakan Debt Collector (DC) sebagai penagih pihak ketiga. Ada juga pinjol tanpa DC lapangan, dikira aman ternyata penagihan yang dilakukan pinjol yang tidak ada DC perlu diperhatikan.

Selain penggunaan pinjol tanpa DC lapangan memberikan akses keuangan yang cepat dan mudah, namun penagihannya perlu diwaspadai. Bagaimana penagihan yang dilakukan oleh pihak pinjaman yang tidak menggunakan debt collector?

Seperti yang diketahui, dari beberapa kasus, penagihan pinjol dapat menjadi sumber stres dan kesulitan finansial bagi peminjam. Tantangan penagihan pinjol tanpa DC lapangan yakni agresif dan tidak etis.

BACA JUGA:Jelang Puasa Kebutuhan Meningkat, Begini Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Sepeser Pun

Tak hanya dari praktik penagihan saja, bahkan taktik tersebut seringkali melampaui batas hukum dan etika. Beberapa contohnya seperti meningkatkan tekanan psikologis dan kecemasan finansial bagi para peminjam.

Bahkan ada pihak perusahaan pinjol yang menerapkan biaya tambahan dan bunga tinggi. Hal ini dapat membuat jumlah utang semakin besar dari waktu ke waktu.

Dampak dari penagihan pinjol yang agresif dan tidak etis sangat merugikan bagi kesejahteraan mental dan emosional para peminjam. Banyak yang mengira, penagihan pinjol tanpa DC lapangan tidak mengerikan, padahal sama saja.

Proses Penagihan Pinjaman Online tanpa DC lapangan

1. Penyampaian prosedur penyelesaian utang dan penagihan

Cara penagihan pinjol tanpa DC lapangan pertama, yakni dengan menyampaikan prosedur penyelesaian utang dan penagihan dari debitur. Hal ini biasanya dilakukan jika nasabah sudah galbay dalam waktu lama.

BACA JUGA:Utang di Bawah 1 Juta Apakah Didatangi DC Lapangan Pinjol? Begini Penjelasan Lengkapnya

2. Alur penagihan kepada nasabah galbay

Perusahaan pinjaman online akan menyampaikan kepada debitur untuk mengatasi masalah galbay. Berikut beberapa alur penagihan yang dilakukan kepada nasabah galbay:

  • Pemberian peringatan
  • Persyaratan penjadwalan atau restrukturisasi pinjaman
  • Korespondensi dengan peminjam dana secara jarak jauh (desk collection) termasuk via telepon, e-mail atau bentuk percakapan lainnya
  • Perihal kunjungan atau komunikasi dengan tim penagihan
  • Penghapusan pinjaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: